Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Siluman China Terbang Perdana

Kompas.com - 11/01/2011, 15:21 WIB

BEIJING, KOMPAS.com Media pemerintah China, Selasa (11/1/2011), memuat foto-foto yang bermaksud menampilkan penerbangan perdana jet tempur siluman pertama negara itu, J-20, tepat saat Menteri Pertahanan Amerika Serikat Robert Gates, berkunjung ke Beijing.

Foto-foto itu, yang diterbitkan di website resmi Global Times dan Xinhua, dikatakan telah diambil oleh para penggemar penerbangan, menunjukkan jet tempur yang diduga J-20 terbang di atas kota Chengdu di barat daya China. Menurut laporan itu, yang mengutip para saksi mata, pesawat tersebut melakukan satu uji coba terbang selama 15 menit sebelum mendarat dengan sukses.

Berita itu muncul saat Gates mengunjungi Beijing, satu tahun setelah China menghentikan hubungan militer dengan Amerika Serikat terkait dengan penjualan senjata bernilai miliaran dollar AS dari Washington kepada Taiwan. Pemunculan berita tersebut juga hanya beberapa hari setelah untuk pertama kali terungkap bahwa China tampaknya sudah merampungkan sebuah prototipe jet tempur siluman pertama, yang menyoroti hasrat Beijing memodernisasi teknologi militernya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com