Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meningkat, Kejahatan atas Muslim di AS

Kompas.com - 11/09/2010, 07:57 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Laporan paling baru dari Amnesti Internasional (AI) menunjukkan, kejahatan terhadap warga Muslim di AS justru meningkat. Menurut AI, rencana pembakaran Al Quran oleh Terry Jones dan pengikut-pengikutnya juga menjadi pemicu tindakan kekerasan tersebut. "Kami sangat khawatir atas meningkatnya laporan mengenai kejahatan yang dilakukan terhadap Muslim dan sentimen-sentimen lain anti-Muslim," begitu pernyataan AI.

Laporan itu menyebutkan, penikaman belum lama ini terjadi terhadap seorang sopir taksi Muslim di New York. Lalu, ada serangan pembakaran pada sebuah masjid Tennessee yang sedang dibangun dan perusakan sebuah pusat Islam California, termasuk ancaman pembakaran Al Quran yang semakin banyak dipublikasi.

"Kejahatan-kejahatan ini... menambah iklim kekhawatiran, diskriminasi, dan kekerasan terhadap Muslim. Tindakan itu tidak memiliki tempat di sebuah masyarakat yang menghargai kebebasan, keadilan, dan persamaan hak," kata AI.

Organisasi itu mendesak Pemerintah AS "mengambil langkah-langkah keras terhadap serangan yang ditujukan kepada masyarakat yang beragama Islam".

"Dalam iklim kecemasan dan ancaman luar yang dirasakan, penting bagi pihak berwenang untuk meningkatkan langkah-langkah untuk menjamin bahwa orang dari segala komunitas, baik warga negara maupun bukan, memperoleh perlindungan yang sama," demikian AI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com