Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paviliun Indonesia Dikunjungi 4 Juta Orang

Kompas.com - 29/07/2010, 19:32 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Paviliun Indonesia di Shanghai Expo 2010 sudah dikunjungi 4 juta orang. Setiap hari, Alun-alun Indonesia di atas areal seluas 4.000 meter persegi itu dipadati sekitar 50.000 atau 10 persen dari total pengunjung yang berjumlah sekitar 500.000 per hari.

Shanghai Expo yang berlangsung hingga Oktober 2010 dibuka untuk umum dari pukul 09.00 hingga 21.00. "Paviliun Indonesia yang didominasi bambu pada bangunan merupakan paviliun keempat yang paling banyak dikunjungi setelah Jerman, Saudi Arabia, dan China," kata Pratito Soeharyo, Direktur Paviliun Indonesia, yang ditemui di arena Shanghai Expo, Kamis (29/7/2010).

Di Paviliun Indonesia setiap hari ada pertunjukan kesenian dari berbagai daerah di Indonesia. Pengunjung juga bisa mengetahui beragam kain tenun khas daerah, termasuk kain batik, dari beberapa sentra produksi.

Pengunjung Shanghai Expo dikenakan tiket masuk 160 yuan dan harus rela antre berjam-jam untuk bisa memasuki paviliun negara tertentu, seperti China, Saudi Arabia, Jerman, Indonesia, Thailand, Australia, dan Spanyol.

Menurut beberapa pengunjung, Paviliun Indonesia wajib dikunjungi karena, selain bangunan yang unik karena didominasi bambu, benda-benda kuno dan alat musik serta sarana transportasi yang pernah ada di Indonesia relatif lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com