Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Tewas Akibat Bom Bunuh Diri

Kompas.com - 30/04/2010, 04:07 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Ledakan bom mobil di Baghdad menewaskan delapan orang dan mencederai 20 lain, Kamis (29/4/2010) ketika kekerasan yang berlanjut mengancam stabilitas Irak yang rapuh di tengah perselisihan menyangkut hasil pemilihan umum bulan lalu.

Ledakan itu terjadi di dekat sebuah toko minuman keras di daerah al-Shurta al-Rabaa, Baghdad baratdaya, kata satu sumber kementerian dalam negeri Irak.

Toko-toko minuman keras sebelumnya menjadi sasaran serangan baik oleh gerilyawan Sunni maupun milisi Syiah. Sumber medis di rumah sakit menyebutkan jumlah kematian yang lebih kecil - tiga orang tewas, 28 cedera.

Secara keseluruhan, kekerasan di Irak turun tajam dalam dua tahun terakhir.

Namun, serangkaian serangan akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Irak akan kembali ke dalam kekerasan sektarian setelah pemilu Maret tidak menghasilkan pemenang yang jelas dan menciptakan kevakuman politik yang bisa dimanfaatkan oleh gerilyawan.

Sehari sebelumnya, Rabu, dua pelaku bom bunuh diri menyerang pos pemeriksaan polisi di Baghdad selatan yang menewaskan lima orang dan mencederai 10 lain, termasuk sejumlah polisi.

Pemboman bunuh diri itu dilakukan setelah serangkaian keberhasilan perang untuk menumpas Al-Qaeda di Irak beberapa waktu terakhir ini, dimana pemimpin-pemimpin tinggi kelompok itu tewas pada 18 April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com