Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Valentine, Katakan Cinta dengan Kondom

Kompas.com - 14/02/2010, 23:24 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Merayakan Hari Valantine lazim dilakukan dengan memberi cokelat, bunga atau makan malam sambil diterangi lilin romantis. Tapi perayaan tahun ini dibuat sedikit berbeda. Di Amerika, sebuah organisasi non-pemerintah ingin mengungkapkan cinta mereka - untuk satu sama lain dan alam - dengan kondom.

Pusat Keanekaragaman Hayati AS, hari ini telah mendistribusikan 100.000 kondom lewat kotak khusus, masing-masing menampilkan salah satu dari enam hewan berisiko punah ditambah slogan pada sampul dan pesan tentang populasi manusia di dalam paket tersebut.

"Untuk membantu memastikan sebuah dunia yang layak huni bagi spesies lain, sehat dan sejahtera bagi kita, mari kita menjadi orang yang bertanggung jawab atas reproduksi," demikian pesan LSM tersebut.

Di dalam kotak itu, terdapat gambar kumbang hitam dan merah mengubur Amerika, serta pesan misalnya agar melindungi spesies beruang kutub, katak batu, harimau, kucing atau hutan yang ditebang demi diambil kayunya untuk dijadikan bahan kertas tisu.

Bersama dengan dua kondom itu, setiap paket juga berisi informasi tentang spesies, fakta-fakta tentang kelebihan penduduk dan krisis kepunahan, dan saran mengenai bagaimana populasi manusia dapat distabilkan.

Kondom tersebut didistribusikan secara gratis di seluruh Amerika Serikat oleh para relawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com