Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umar Sempat Ingin Belajar Hukum Syariah di Yaman

Kompas.com - 30/12/2009, 05:11 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Umar Farouk Abdulmutallab (23), pemuda Nigeria yang dituduh akan meledakkan sebuah pesawat penumpang AS telah memberitahu orangtuanya, bahwa ia ingin mempelajari hukum syariah Islam di Yaman tak lama sebelum memutuskan hubungan dengan mereka.

Menteri Informasi Nigeria Dora Akunyili pada wartawan di ibukota Nigeria, Abuja menjelaskan, Umar yang tengah belajar untuk mendapatkan gelas sarjana di Dubai itu pernah mengatakan pada orangtuanya ia akan pergi ke Yaman untuk belajar bahasa Arab selama beberapa pekan.

"Setelah beberapa pekan, ia mengirim pesan pada orangtuanya bahwa ia ingin tinggal dan belajar syariah selama tujuh tahun dan ayahnya mengatakan tidak, engkau tak dapat melakukan itu," kata Akunyili.

"Ayahnya mengatakan mereka tidak siap untuk mengiriminya biaya sekolah atau uang untuk biaya hidup. Ia harus kembali ke Dubai dan merampungkan sarjananya. Tapi Abdulmutallab mengatakan ia akan tetap pergi untuk mendapatkan kebebasan segalanya," katanya.

Abdulmutallab telah dituduh berupaya meledakkan pesawat Delta Airlines ketika pesawat itu mendekati Detroit dalam penerbangan dari Amsterdam dengan hampir 300 penumpang.
    
Kelompok regional Al Qaeda mengatakan pihaknya di bertanggungjawab di balik pemboman pada Hari Natal yang gagal tersebut, yang dimaksudkan untuk membalas serangan AS terhadap kelompok itu di Yaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com