Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Penuh Kontroversi dari Sebuah Bank Katolik

Kompas.com - 03/08/2009, 13:10 WIB

KOMPAS.com — Sebuah bank Katolik di Jerman, Pax Bank, meminta maaf setelah mengaku membeli saham perusahaan senjata, tembakau, dan produsen pil KB.

Surat kabar Der Spigel,  sebagaimana dikutip BBC, Minggu (2/8), mengungkapkan, bank itu telah menginvestasikan dana senilai 580.000 euro di perusahaan senjata Inggris, BAE Systems. Di perusahaan pembuat pil KB Amerika, Wyetg, Pax Bank telah menanam modal sebesar 160.000 euro dan di perusahaan rokok sebesar 870.000 euro.

Bank tersebut meminta maaf atas tindakannya yang tidak menjaga standar etika. Sebelumnya, Pax Bank mengiklankan etika penanaman modal yang secara khusus menghindari perusahaan senjata dan tembakau serta lembaga-lembaga yang tidak sejalan dengan keyakinan iman Katolik.

Sejak tahun 1968 Gereja Katolik menentang pemakaian alat kontrasepsi. Paus Benediktus XVI menegaskan kembali hal itu. Paus Benediktus sempat menekankan program KB sebagai bentuk dosa serius.

Juru bicara Pax Bank yang tidak disebut namanya mengatakan, "Kami akan mengoreksi kesalahan itu segera tanpa meninggalkan dampak buruk bagi klien-klien kami. Sungguh disayangkan, investasi seperti itu lolos dari tinjauan internal, kami sangat menyesalinya." Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para wartawan yang telah memberi perhatian terhadap investasi kontroversial tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com