Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Iran

Kompas.com - 08/12/2008, 04:54 WIB

TEHEREN, SENIN - Gempa bumi yang berkekuatan 5,6 skala Richter mengguncang sebuah pulau di lepas pantai selatan Iran, Minggu (7/12), mencederai lima orang dan merusak sejumlah bangunan.

Gempa itu terjadi di sebuah daerah sekitar kota Dargahan di pulau Qeshm, di gerbang menuju Teluk yang dilewati 40 persen minyak dunia yang diperdagangkan. "Sejauh ini yang dilaporkan hanya beberapa dinding rumah yang roboh di desa-desa Zainabieh dan Koohi," kata Gubernur Qeshm Mehdi Irannejad kepada Kantor Berita ISNA.
      
Sebuah kantor berita lain mengutip gubernur itu yang mengatakan bahwa lima orang dirawat setelah terluka dalam gempa tersebut, yang terjadi tujuh kilometer sebelah timur Dargahan.

Gubernur itu mengatakan kepada media Iran, 2.000 tenda sudah dipersiapkan kalau-kalau dibutuhkan, dan tim-tim medis dengan perlengkapan dan peralatan penyelamatan telah dikirim ke desa-desa dekat Dargahan.

Iran, produsen minyak terbesar keempat dunia, dilewati garis-garis patahan dan telah berulang kali dilanda gempa bumi. Gempa besar 6,1 skala Richter melanda Iran selatan pada September dekat kota pelabuhan Bandar Abbas, di daratan utama dekat pulau Qeshm, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan mencederai 40 lain, 15 orang diantaranya di daerah Qeshm.

Pada akhir 2003, gempa dahsyat dengan kekuatan 6,3 pada skala Richter terjadi di Bam, Iran tenggara, menewaskan lebih dari 30.000 orang dan mencederai puluhan ribu lain. Sekitar 35.000 orang tewas tahun 1990, ketika gempa dengan kekuatan 7,7 pada skala Richter melanda Iran bagian barat laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com