Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Kennedy Dukung Obama

Kompas.com - 28/01/2008, 06:25 WIB

MACON, MINGGU - Senator Edward Kennedy akan menggalang dukungan rekannya Barack Obama agar perjalanannya menuju Gedung Putih mulus.

Menurut sejumlah pejabat Partai Demokrat, pengumuman resminya akan di umumkan Senin (28/1). Pengumuman itu akan disampaikan dalam kampanye Obama di Universitas Amerika, saat itu ia akan ditemani Kennedy dan kemenakannya Caroline Kennedy yang juga pendukung Obama.

Namun dalam sebuah wawancara dengan televisi, Minggu (27/1), Obama menolak menjawab pertanyaan tentang dukungan Kennedy itu. "Biarkan Ted Kennedy berbicara atas namanya sendiri. Tidak ada yang bisa lebih baik. Tetapi sungguh, setiap kandidat Demokrat senang mendapatkan dukungan Ted Kennedy. Saya aktif mencarinya," katanya.

Dukungan Kennedy sangat ditunggu oleh semua kandidat Demokrat. Selain karena statusnya sebagai ikon Demokrat, nama Kennedy juga mampu mendongkrak perolehan dana dan jaringan politik secara nasional.

Kennedy dikenal dekat dengan Hillary Clinton maupun Obama. Keduanya anggota Komite Kesehatan, Pendidikan, Tenaga Kerja dan Pensiun Senat pimpinan Kennedy. Sedangkan John Edwards pernah bekerja sama dengan Kennedy menyusun undang-undang hak pasien pada 2001. Kennedy juga sekutu Bill Clinton ketika menjabat presiden.

"Akan sangat sulit untuk memilih. Saya punya banyak kawan yang ingin menjadi presiden," ujar Kennedy saat diwawancarai Oktober 2007.

Dukungan Ted Kennedy ini mengikuti sikap kemenakannya Caroline yang sudah mengumumkan dukungannya Sabtu (26/1). Dalam sebuah editorial di New York Times, ia mengatakan Obama bisa menjadi inspirasi bagi Amerikan seperti dilakukan ayahnya, Presiden John F Kennedy.

"Saya tidak pernah punya seorang pun presiden yang menginspirasi saya seperti ayah saya menginspirasi orang-orang. Namun untuk pertama kali, saya yakin telah menemukan orang yang bisa menjadi presiden bukan hanya untuk saya, tetapi untuk generasi baru Amerika," tulis Caroline.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com