Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Hening Cipta untuk Korban Teroris, Arab Saudi Minta Maaf

Kompas.com - 09/06/2017, 08:39 WIB

ADELAIDE, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Arab Saudi meminta maaf atas penolakan pemaIn tim nasional mereka untuk mengheningkan cipta mengenang korban serangan teroris di London.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, peristiwa ini terjadi ketika timnas Arab Saudi bertandang ke Adelaide, untuk melakoni laga kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan timnas Australia, Kamis (8/6/2017).

Kala itu, ketika pembawa acara di stadion menyerukan untuk mengheningkan cipta sesaat. Seluruh pemain Australia yang ada di tengah lapangan pun berjajar sambil berangkulan di pundak.

Sementara, 11 pemain Arab Saudi di seberang mereka, tetap bergerak ke sana ke mari, mengabaikan pengumuman tersebut. 

Bahkan, ada seorang pemain Arab Saudi yang membungkuk untuk mengikat tali sepatu ketika prosesi itu sedang berjalan.

Baca: Timnas Arab Saudi Tolak Hening Cipta bagi Korban Teroris di London

Dalam pernyataan yang dilansir kantor berita Associated Press, Federasi Sepak Bola Arab Saudi menyebut, mereka sangat menyesal, dan meminta maaf atas hal tersebut.  

"Para pemain tidak bermaksud tak menghormati para korban atau menyebabkan keluarga, teman, atau siapa pun yang terpengaruh oleh kekejaman itu menjadi marah," demikian bunyi pernyataan tersebut.

"Federasi Sepak Bola Arab Saudi mengecam semua tindakan terorisme dan ekstremisme, serta menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga semua korban."

Sementara itu, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) mengatakan, tim manajemen Saudi mengetahui rencana untuk mengheningkan cipta sebelum pertandingan. Namun para pemain tim negara Teluk itu tidak berpartisipasi.

"Konfederasi Sepak Bola Asia dan tim Saudi sepakat bahwa saat keheningan bisa diadakan," kata FFA dalam sebuah pernyataan.

"Namun, FFA mendapat penjelasan dari pejabat tim Saudi bahwa tradisi ini tidak sesuai dengan budaya Arab Saudi, dan mereka akan pindah ke sisi lapangan dan menghormati kebiasaan kami."

Namun pada kenyataannya hal itu tak dilakukan. Bahkan, penjelasan bahwa mengheningkan cipta tak sesuai dengan tradisi Arab pun terlihat bertentangan dengan ritual serupa yang pernah terjadi dalam pertandingan sepak bola di kawasan Teluk.

Misalnya, prosesi mengheningkan cipta yang pernah dilakukan untuk menghormati kematian mantan Raja Saudi Abdullah.

Atau, ketika tim sepak bola Arab Saudi, al-Ahli Saudi FC, berdiri dalam keheningan sesaat sebelum pertandingan pada laga Qatar Airways Cup melawan Barcelona di bulan Desember 2016.

Dalam laga kemarin, Australia unggul 3-2 untuk membuka peluang lolos ke putaran final yang bakal digelar di Rusia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com