Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Pancung Karam di Johor, 10 WNI Ditemukan Tewas

Kompas.com - 24/01/2017, 10:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Telah ditemukan 10 warga negara Indonesia tewas akibat sebuah perahu pancung atau kapal kecil karam di perairan Tanjung Rhu, Johor, Malaysia, Senin (23/1/2017).

Informasi itu disampaikan Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI Lalu Muhammad Iqbal, Selasa (24/1/2017) di Jakarta.

Iqbal mengatakan, Konsulat Jenderal Republi Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Malaysia, Senin (23/1/2017) memperoleh informasi mengenai perahu pancung yang karam di perairan Tanjung Rhu.

Perahu itu pertama kali ditemukan masyarakat di sekitar pantai pada pukul Senin sekitar pukul 09.17 waktu setempat dan perahu itu diperkirakan datang dari Batam.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Tim PerlindunganWNI KJRI Johor Bahru langsung menuju ke lokasi, yang berjarak dua jam dari Johor Bahru dan medannya sangat sulit.

Hingga Selasa ini, telah ditemukan 10 orang korban meninggal dunia yang terdiri dari empat pria dan enam wanita.

Selain itu ada dua dua korban selamat yakni seorang pria (ZA) warga Malaysia dan satu perempuan (SF) WNI asal Kediri.

Menurut Iqbal, WNI yang selamat masih mengalami trauma berat sehingga belum dapat dimintakan keterangan lebih jauh. Seluruh korban telah dibawa ke RS Sultan Ismail, Johor Bahru.

“Karena belum adanya korban selamat yang dapat dimintakan keterangan, hingga saat ini belum dapat dipastikan berapa jumlah penumpang kapal tersebut,” kata Iqbal.

Tim KJRI masih berada di lokasi untuk  berkoordinasi dengan otoritas setempat dalam rangka menangani korban selamat dan melakukan identifikasi terhadap korban meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com