Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Women's March, Suara Perlawanan Masyarakat AS terhadap Donald Trump

Kompas.com - 22/01/2017, 07:49 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Ratusan ribu demonstran, yang sebagian besar perempuan, turun ke jalan di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC, Sabtu (21/1/2017) waktu setempat, untuk menyatakan penolakan terhadap Presiden Amerika Serikat yang baru dilantik, Donald Trump.

Demonstrasi besar bertajuk Women's March itu tidak hanya berlangsung di Washington, tapi juga di sejumlah kota besar di AS.

Dilansir dari laman The Guardian, jalanan di kota besar seperti Boston, Chicago, New York, California, Denver, Atlanta, dan Phoenix, juga dipadati ribuan hingga ratusan ribu demonstran.

Di Washington yang menjadi pusat demonstrasi, sejumlah politisi hingga selebriti dunia ikut turun ke jalan untuk menyatakan kekecewaan terhadap hasil pemilu yang memenangkan Trump.

Dikutip dari CNN, di antara para demonstran itu terlihat musisi legendaris Madonna, penyanyi Alicia Keys, dan sutradara Michael Moore.

"Butuh momen kegelapan yang mengerikan ini untuk membangunkan kita," kata Madonna.

Di Boston, senator perempuan Elizabeth Warren menyuarakan semangat perlawanan dan mengajak masyarakat mengawasi jalannya pemerintahan Donald Trump-Michael Pence.

"Kita mau merengek, kita mau mengeluh, atau kita mau melawan! Kita hadir di sini untuk berdampingan dan menyuarakan suara kita secara jelas: Kita tidak akan diam," kata Warren.

Kompas TV Demo Tolak Trump Rusuh, 200-an Orang Ditangkap
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com