Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Bank di Melbourne, 27 Orang Terluka

Kompas.com - 19/11/2016, 14:50 WIB

KOMPAS.com — Sebanyak 27 orang terluka akibat kebakaran yang terjadi di Bank Commonwealth cabang Melbourne, Australia, Jumat (18/11/2016) waktu setempat.

Sebanyak enam orang di antaranya dalam kondisi kritis karena mengalami luka bakar serius. Para korban telah dibawa ke Rumah Sakit Alfred.

Diduga, kebakaran ini berasal dari seorang pria berusia 21 tahun yang datang ke Australia pada 2013 dari Myanmar untuk mencari suaka.

Inspektur Jacqui Poida dari Kepolisian Victoria mengatakan, mereka menerima laporan adanya seorang pria yang membakar bank di Jalan Springvale Rd, Springvale, sekitar pukul 11.30 waktu setempat.

"Pria itu membawa kontainer berisi cairan yang mudah terbakar. Ia masuk ke bank dan menuangkan cairan itu sehingga menyebabkan berkobarnya api di dalam bank. Ia membuat dirinya terbakar dan ada sejumlah orang lain dalam bank yang juga terluka," katanya.

"Ia meninggalkan bank, tak lama kemudian polisi datang dan menolongnya, diikuti dengan ambulans yang juga menolong korban lainnya," katanya.

Kemudian, pria yang diduga sebagai pelaku ini dibawa ke rumah sakit dalam kondisi serius dan dijaga polisi.

Seorang saksi bernama Ashley Atkin-Fone mengatakan, dia bersama beberapa orang lain berlari menolong para korban setelah mendengar ledakan besar dan melihat asap hitam muncul dari bank.

"Seorang anak keluar dengan tubuh terbakar, berteriak, darah di mana-mana. Saya terkejut selama beberapa menit," ujarnya.

"Saya kemudian berlari ke seberang jalan, masuk ke kantor provider Optus dan mengambil tabung pemadam, saya masuk ke dalam dan memadamkan api," kata Ashley.

Bank ini berada sekitar 23 kilometer dari pusat bisnis Melbourne. Menurut pihak Ambulans Victoria, korban terluka mulai dari anak balita hingga dewasa.

Pihak Commonwealth Bank membenarkan kejadian ini dan menyatakan bahwa bank akan ditutup sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com