Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hillary Clinton: Jangan Pernah Menyerah

Kompas.com - 17/11/2016, 12:17 WIB
Ericssen

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Dalam penampilan perdananya di depan publik Amerika Serikat setelah kalah dalam pemilu presiden, Hillary Clinton, kandidat yang diusung Partai Demokrat itu, menyerukan para pendukungnya untuk tidak pernah menyerah, 

Berbicara di gala dinner acara amal yayasan anak-anak “Children’s Defense Fund”, Rabu (16/11/2016), Hillary berusaha membakar kembali api semangat pendukungnya yang masih bersedih pasca-kekalahan mengejutkan pekan lalu.

“Saya tahu masih banyak di antara kalian yang sedih mengenai hasil pilpres. Saya juga, bahkan saya tidak tahu bagaimana menggambarkannya lagi” tutur mantan Menteri Luar Negeri AS itu.

Hillary melanjutkan, tidaklah mudah bagi dia untuk tampil kembali di publik sejak kekalahan menyesakan itu.

“Ada beberapa kali dalam seminggu terakhir, hal yang hanya ingin saya lakukan adalah membaca buku, bermain dengan anjing peliharaan, dan tidak pernah keluar rumah lagi,” tuturnya.

Melanjutkan pidatonya, Hillary mengingatkan pendukungnya akan pentingnya kerjasama bipartisan, advokasi, volunterisme, dan berinvestasi untuk anak-anak AS tanpa memandang bulu suku, agama, atau status kewarganegaraan mereka.

“Amerika berharga. Anak-anak kita juga berharga. Percayalah kepada negara ini, berjuanglah untuk nilai-nilai kita, dan jangan pernah menyerah,” sambung politisi berusia 69 ini.

Hillary juga memberi sinyal bahwa dia akan tetap melanjutkan pengabdian publiknya.

“Mengabdi adalah untuk seumur hidup, kita tidak akan berhenti mengabdi hanya gara-gara keinginan kita tidak tercapai”. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com