Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepasang Kekasih di AS Ditangkap Usai Tabrak hingga Tewas Remaja Kulit Hitam

Kompas.com - 14/09/2016, 07:01 WIB

PORTLAND, KOMPAS.com - Seorang pria dan kekasihnya dituduh secara sengaja melakukan tabrak lari yang menewaskan seorang remaja kulit hitam di Oregon, AS.

Insiden ini terjadi setelah mereka terlibat pertengkaran di tempat parkir sebuah toserba dan pasangan ini diduga menabrak remaja itu lebih karena warna kulitnya.

Russell Orlando Courtier (38) saat dihadapkan ke pengadilan pada Selasa (13/9/2016), menyatakan tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan tingkat pertama dan kedua terhadap Larnell Malik Bruce.

Sementara kekasihnya, Colleen Hunt (35) yang duduk di kursi belakang mobil saat insiden itu terjadi, juga menyatakan tidak bersalah atas dakwaan melakukan intimidasi.

Berdasarkan undang-undang negara bagian Oregon, melakukan intimidasi berarti terdakwa dituduh melakukan aksinya berdasarkan persepsi mereka terkait ras, warna kulit, agama atau kebutuhan khusus korbannya.

Sebelumnya, pasangan ini juga sudah menyatakan diri tidak bersalah atas dakwaan pembunuhan terhadap remaja berusia 19 tahun asal Vancouver, negara bagian Washington itu.

Bulan lalu, harian The Portland Mercury memunculkan pertanyaan terkait keterlibatan Russell dengan kelompok supremasi kulit putih setelah menemukan foto pria itu di Facebook.

Di dalam foto itu memperlihatkan Russell dengan tato di lengannya bertuliskan "EK" atau European Kindred alias kekerabatan Eropa. Saat aparat keamanan hanya menyelidiki kasus ini tetapi tidak sampai menangkap Russell.

Dalam pernyataannya di ruang sidang, kepolisian Gresham County mengatakan, kedua terdakwa "jelas terkait" dengan kelompok-kelompok supremasi kulit putih. Namun, sejauh ini tak ada bukti kuat untuk mendakwa pasangan ini.

Investigasi tambahan, termasuk pernyataan sejumlah saksi mata serta  pendapat para ahli masalah rasialisme dan geng supremasi kulit putih, membuat para juri kembali mendakwa kedua terdakwa.

Menurut dokumen pengadilan, Larnell dan Russell terlibat pertengkaran yang berujung perkelahian di lapangan parkir gerai 7-Eleven di Gresham pada 10 Agustus lalu.

Dalam perkelahian tersebut, Larnell membawa sebilah golok. Tak lama kemudian, Russell masuk ke dalam jip Warngler miliknya dan mengejar remaja tersebut yang berlari menyelamatkan diri.

Kamera CCTV memperlihatkan jip yang dikendarai Russell berputar dengan kecepatan tinggi dan langsung mengejar Larnell yang mencoba lari.

Namun, kamera CCTV tak merekam momen saat Russell menabrak remaja itu, tetapi seorang polisi yang datang ke lokasi kejadian menemukan Larnell dalam kondisi tak sadarkan diri dengan darah mengucur dari kepala dan telinganya.

Petugas polisi itu juga melihat sebuah jip berwarna merah melaju dengan kecepatan tinggi tak jauh dari tempat tergeletaknya Larnell.

Petugas kemudian membawa Larnell ke rumah sakit, tetapi dia menginggal dunia tiga hari kemudian akibat luka-lukanya yang terlalu parah.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com