Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Orang Ditangkap Terkait 3 Serangan Bom di Arab Saudi

Kompas.com - 08/07/2016, 18:15 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Aparat keamanan Arab Saudi, Kamis (7/7/2016), menangkap 19 orang, termasuk 12 warga Pakistan, terkait serangkaian pengeboman termasuk di dekat Masjid Nabawi, Medinah.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengatakan, Naer Moslem Hammad al-Balawi (26), yang memiliki sejarah penyalahgunaan obat terlarang, diidentifikasi sebagai pelaku serangan di Madinah.

Sementara serangan bom di kota Qatif, menurut Kemendagri Saudi, dilakukan tiga orang tersangka termasuk seorang pria bernama Abderrahman Saleh Mohammed al-Amr (23) yang dikenal sering terlibat dalam aksi unjuk rasa.

Sedangkan serangan di kota Jeddah adalah seorang warga Pakistan yang diidentifikasi Abdullah Qalzar Khan, seorang pengemudi yang sudah 12 tahun tinggal di kota tersebut.

Sejauh ini, tujuh orang tewas dan dua orang lainnya terluka dalam serangan bom di Madinah, Qatid dan Jeddah.

Empat orang tewas dalam ledakan di masjid Nabawi, Madinah, menjelang akhir bulan Ramadhan. Sedangkan tiga orang lainnya diyakini tewas di kota Qatif yang banyak dihuni warga minoritas Syiah.

Sedangkan, serangan di dekat konsulat AS di Jeddah, kota terbesar kedua di Arab Saudi, tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka.

Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengaku mendalangi serangan tersebut, tetapi serangkaian pengeboman yang diklaim ISIS telah terjadi di Arab Saudi sejak akhir 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com