Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Penjaga Pantai China Terobos Perairan Malaysia

Kompas.com - 09/06/2015, 17:54 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia akan mengajukan protes diplomatik terkait kapal pasukan penjaga pantai China yang memasuki perairan Malaysia di wilayah sengketa Laut China Selatan tak jauh dari Pulau Kalimantan.

Panglima Angkatan Laut Malaysia Abdul Aziz Jaafar, Selasa (9/6/2015), mengatakan sejak akhir 2014 kapal-kapal China kerap menerobos ke perairan Malaysia dan negeri itu sudah berulang kali melayangkan protes diplomatik kepada Beijing.

"Kami selalu berpatroli di wilayah itu. Kapal-kapal kami terus membuntuti kapal China itu. Ini adalah kasus di mana mereka (China) ingin menjaga kehadiran di kawasan itu namun di saat yang sama kami juga ingin memastikan mereka tak memasuki perairan Malaysia," ujar Abdul Aziz.

"Kami sudah mengirimkan (protes diplomatik). Setiap kali kami mendeteksi mereka, setiap kali kami melihat mereka maka terus ingatkan bahwa mereka sudah memasuki perairan kami," tambah Abdul Aziz.

Insiden ini terjadi di Luconia Shoal, yang terletak tak jauh dari gugusan Kepulauan Spratly, kawasan yang dikenal kaya minyak yang diklaim China, Malaysia, Filipina, Taiwan, Vietnam dan Brunei.

Luconia Shoals hanya berjarak 120 kilometer sebelah barat laut kota minyak Miri di negara bagian Sarawak.

Beijing, yang mengklaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan, telah membangun pulau-pulau buatan seluas 800 hektar di kawasan Spratly, termasuk pulau dengan fasilitas yang biasa digunakan militer.

Pemerintah Filipina dan Amerika Serikat telah mendesak Beijing untuk menghentikan reklamasi di kawasan sengketa itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com