Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Digaji Beberapa Bulan, Pekerja Pusat Antariksa Rusia Mogok Makan

Kompas.com - 23/04/2015, 17:23 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Para pekerja di pusat angkasa luar Rusia baru yang sedang dibangun di wilayah timur jauh negeri itu melakukan mogok makan setelah beberapa bulan tak menerima gaji.

Proyek pembangunan kosmodrom Vostochny bernilai 9 miliar poundsterling atau sekitar Rp 175 triliun itu berpotensi menjai aib bagi Kremlin, sementara Presiden Vladimir Putin tak bisa melakukan intervensi.

Para pekerja di lokasi pembangunan pada Rabu (22/4/2015), menulis surat kepada atasan mereka berisi kondisi keluarga mereka yang semakin menderita karena mereka belum menerima gaji.

Sejumlah pekerja bahkan "terjebak" di lokasi proyek dan tak bisa pulang karena tak punya uang untuk membiayai ongkos perjalanan pulang mereka.

Pekan lalu Putin menjanjikan para pekerja di proyek kosmodrom itu akan segera menerima gaji mereka namun hingga kini belum satu orangpun pekerja yang menerima gaji mereka.

Kejadian ini adalah yang terbaru dari serangkaian sengketa perburuhan di seluruh Rusia yang menjadi pertanda kemunduran ekonomi negeri itu di tengah menurunnnya harga minyak mentah dan sanksi ekonomi dari negara-negara Barat.

Komite statistik Rusia mencatat hingga pekan lalu upah buruh yang belum terbayarkan mencapai 37 juta poundsterling atau sekitar Rp 719 miliar, atau meningkat 47 persen dibanding awal tahun ini.

Kondisi ini seolah mengembalikan kenangan buruk di masa 1990-an ketika pabrik-pabrik yang bangkrut membayar para buruh dengan barang produksinya sendiri dan bukan dengan menggunakan uang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com