Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto-foto Kim Jong-Un di Puncak Gunung Tertinggi Korea Utara

Kompas.com - 20/04/2015, 05:03 WIB

KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un disebut telah mendaki Gunung Paektu, gunung tertinggi di Korea Utara, Minggu (19/4/2015). Sejumlah foto pun memperlihatkan aksi Kim Jong-Un di puncak gunung dengan ketinggian 2.750 meter tersebut.

Dia terlihat berdiri di dataran bersalju, dengan latar belakang matahari yang menyinari Gunung Paektu.

"Mendaki Gunung Paektu menghadirkan pasokan mental yang berharga dan lebih bertenaga dibanding senjata nuklir apa pun," kata Kim Jong-Un, seperti diberitakan harian Rodong yang merupakan koran resmi pemerintah Korea Utara.

Ada pun tujuan dari pendakian ke Gunung Paektu adalah untuk melihat pilot-pilot dari Angkatan Bersenjata Korea yang bertugas di lokasi itu. Karena itu sejumlah foto pun memperlihatkan Kim Jong-Un menyapa para prajurit. Tidak hanya itu, Jong-Un juga tidak segan berfoto bersama prajurit dengan duduk di hamparan salju.

Dilansir dari BBC, ayah Kim Jong-Un, Kim Jong-Il, diklaim Pemerintah Korea Utara lahir di Gunung Paektu. Karena itu keluarga Kim sering mengklaim "mengalir darah Gunung Paektu". Tapi sejarawan banyak yang menyebut bahwa Kim Jong-Il lahir di Rusia, dan bukan di gunung bersalju itu.

Cerita kelahiran Kim Jong-Il itu seperti memperlihatkan upaya menghadirkan mitos mengenai keluarga Kim yang menguasai Korea Utara secara turun-temurun. Apalagi, gunung dengan puncak yang memperlihatkan hamparan perbatasan Korea Utara dengan Tiongkok itu dianggap sakral dalam folklore masyarakat Korea.

Analis pun berpendapat, foto-foto Kim Jong-Un di puncak Gunung Paektu itu seperti ingin memperlihatkan sosoknya yang enerjik dan bersemangat, dan memberi inspirasi bagi rakyat Korea Utara. Karena itu, foto itu pun memperlihatkan Kim Jong-Un berada di tengah prajurit yang mengelilinginya, untuk memperlihatkan kesan kedekatan dengan rakyat.

Seperti apa penampilan Kim Jong-Un? Berikut foto-foto yang diambil KCNA, media milik pemerintah Korea Utara:

KCNA Kim Jong-Un menyapa pilot dan prajurit Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)
KCNA Kim Jong-Un tak segan duduk di hamparan salju saat berfoto bersama pilot dan prajurit Angkatan Bersenjata Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)
KCNA Kim Jong-Un di tengah prajurit Korea Utara di puncak Gunung Paektu, Minggu (19/4/2015)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC, KCNA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com