Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Parlemen Somalia Tewas Dibunuh

Kompas.com - 24/07/2014, 04:23 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com — Kelompok militan Islam Somalia, al-Shabab, mengatakan bertanggung jawab atas penembakan musisi dan anggota parlemen, Saado Cali Warsame, di ibu kota Mogadishu.

Polisi mengatakan, Saado dan sopirnya dibunuh ketika mobilnya diserang oleh sekelompok pria bersenjata, Rabu (23/7/2014) waktu setempat.

Musisi ini terkenal pada tahun 1980-an, merupakan satu dari segelintir musisi perempuan Muslim yang tampil di depan umum tanpa menggunakan penutup kepala.

Dia sempat mengasingkan diri ke Amerika Serikat hingga tahun 2012 dan kembali ke Mogadishu sebagai anggota parlemen.

Pemerintah Amerika Serikat mengecam pembunuhan tersebut dan menyebut kematiannya merupakan satu kehilangan besar bagi warga Somalia di seluruh dunia.

Warsame merupakan anggota parlemen Somalia yang keempat yang tewas dibunuh sepanjang tahun 2014.

Milisi al-Shabab, yang memiliki kaitan dengan Al Qaeda, kerap melancarkan aksi kekerasan di Somalia dan sudah menyatakan akan meningkatkan serangan selama bulan Ramadhan.

Kelompok ini sempat menguasai ibu kota Mogadishu, tetapi berhasil disingkirkan pada tahun 2011.

Selain menyerang anggota parlemen, yang sering dilihat sebagai pilar demokrasi di negara itu, al-Shabab juga melancarkan serangan atas pejabat pemerintah, pasukan penjaga perdamaian Persatuan Afrika, ataupun staf PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com