Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Seorang Difabel Berdiri Saat Tonton Piala Dunia Jadi Kontroversi

Kompas.com - 23/06/2014, 09:08 WIB
RIO DE JANEIRO, KOMPAS.COM — Sebuah foto seorang pendukung Brasil berdiri di depan kursi rodanya dan bertepuk tangan di sebuah stadion Piala Dunia telah memicu kontroversi terkait dugaan bahwa telah terjadi sebuah "keajaiban".

FIFA belum memastikan keaslian foto itu dan foto serupa yang beredar di media sosial. Namun, lembaga yang mengatur sepak bola dunia itu mengecam setiap upaya penipuan untuk memperoleh kursi yang seharusnya dikhususkan buat para penyandang disabilitas.

"Kami sangat mengecam setiap upaya untuk secara sengaja menggunakan tiket khusus yang disediakan buat para difabel, tetapi dipakai masyarakat umum," kata juru bicara FIFA yang tidak mau disebut jati dirinya. "FIFA meminta para pendukung untuk menghormati dan hanya meminta kursi untuk para difabel jika mereka memenuhi syarat untuk itu."

Foto kontroversial itu memperlihatkan tampak belakang seorang pendukung yang menggunakan jersey kuning tim Brasil di Stadion Castelao di kota Fortaleza di timur laut negara itu. Orang itu berdiri dan bertepuk tangan di depan kursi rodanya.

Foto itu tampaknya diambil pada pertandingan Brasil melawan Meksiko pada 17 Juni yang berakhir dengan skor imbang 0-0. Namun, kedua tim bermain di tempat yang sama pada turnamen Piala Konfederasi tahun lalu, ketika Brasil menang 2-0.

Foto tersebut memicu perdebatan di Twitter. Seorang pengguna Twitter di Brasil secara sinis mempertanyakan "keajaiban besar" itu, sementara beberapa orang lain mengatakan bahwa sejumlah penyandang disabilitas kadang-kadang bisa berdiri.

Undang-undang Brasil telah menyisihkan setidaknya satu persen tiket Piala Dunia buat para penyandang disabilitas.

FIFA mengatakan, orang-orang yang membeli kursi untuk penyandang cacat harus menunjukkan sertifikat medis saat mengambil tiket mereka. Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan pada hari pertandingan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com