Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan PM Inggris ke China Bertema Perdagangan

Kompas.com - 02/12/2013, 19:39 WIB
Perdana Menteri Inggris David Cameron menjanjikan kemitraan untuk pertumbuhan dan reformasi dalam kunjungannya ke China. Kedatangan Cameron ke Beijing, Senin (2/12/2013), antara lain didampingi 100 pengusaha Inggris dengan agenda lawatan berupa hubungan perdagangan.

Dalam pertemuan dengan Perdana Menteri China Li Keqiang, Cameron mengatakan bahwa dia mendukung perdagangan bebas antara Uni Eropa dan China. Gagasan perdagangan bebas ini masih ditentang oleh beberapa negara anggota Uni Eropa yang khawatir kawasan mereka akan kebanjiran barang-barang impor murah dari China.

Bagaimanapun, Komisi Eropa menurut rencana akan memulai perundingan traktat investigasi pada awal tahun depan.

Selain itu, kedua pemimpin juga akan membahas kesepakatan perdagangan Inggris yang diperkirakan senilai 1,8 miliar poundsterling setiap tahunnya.

"Kami khususnya ingin mengeksplorasi semua kesempatan keterbukaan ekonomi, keterbukaan Inggris untuk investasi China, yang kami saksikan dalam jumlah besar selama beberapa bulan dan tahun. Namun, juga kesempatan untuk membuka lebih lanjut hubungan perdagangan," ujar Cameron.

Perdana Menteri Inggris ini tidak menyebut catatan hak asasi manusia ataupun masalah Tibet sehingga para pegiat mengkritiknya lebih bertindak sebagai penjual dan bukan negarawan.

Salah satu pengusaha yang ikut bersama delegasi Cameron adalah raksasa farmasi, GlaxoSmithKline, yang menghadapi penurunan penjualan di China setelah terlibat skandal suap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com