Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Optimistis Pariwisata Meningkat Tahun Depan

Kompas.com - 21/11/2013, 17:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dewan Pariwisata Thailand optimistis sektor pariwisata meningkat pada tahun depan. Prediksi lembaga itu, tulis laman Bangkok Postpada Kamis (21/11/2013) menunjukkan lonjakan kenaikan pelancong ke Thailand adalah 8 persen. Angkanya 28 juta orang dari posisi saat ini 26,6 juta wisatawan. Kendati demikian, dewan tersebut juga menempatkan perhatian pada aksi-aksi protes yang tengah marak di Negeri Gajah Putih. "Namun kami tetap percaya diri,"kata pernyataan dewan tersebut.

Thailand, sejak enam bulan silam memang menghadapi kondisi tak stabil di bidang politik. "Tapi, bisnis pariwisata mampu mengatur semua risiko tersebut," kata Presiden Dewan Pariwisata Thailand Piyaman Tejapaibul.

Sementara itu, dari segi pemasukan, menurut Piyaman, dewan mematok kenaikan penerimaan sektor pariwisata di angka 2,02 triliun baht. Angka ini naik 12 persen ketimbang saat ini di posisi 1,8 triliun baht. Dari jumlah itu, sebanyak 1,32 triliun baht berasal dari turis mancanegara. "Sisanya dari turis domestik," kata Piyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com