Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istana Buckingham Gelar Pertandingan Sepak Bola

Kompas.com - 07/10/2013, 23:07 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Istana Buckingham untuk pertama kalinya menyelenggarakan pertandingan resmi sepak bola untuk menandai peringatan 150 tahun asosiasi sepak bola Inggris, FA.

Pertandingan antara dua klub amatir ini adalah gagasan Pangeran William, yang merupakan Presiden FA.

Klub Civil Service London, satu-satunya tim yang masih bertahan dari 11 klub yang membentuk FA pada 26 Oktober 1863, melawan Polytechnic, yang dibentuk tahun 1875.

Pangeran William menyerahkan medali kepada 150 sukarelawan sebelum pertandingan dimulai.

William mengangkat upaya para pendiri klub lokal, pelatih, wasit, serta ofisial lain dalam upacara menandai hari pahlawan FA.

Pangeran William yang bergelar Duke of Cambridge mengatakan kepada para tamu, termasuk mantan striker timnas Inggris, Michael Owen, serta Ketua FA Greg Doyle, "Dalam 150 tahun terakhir, sepak bola tetap merupakan contoh kuatnya komunitas dan kemampuan kita untuk menyelenggarakan serta menikmati masa lalu ini."

Menghadap Ratu

Ratu Elizabeth memberikan izin kepada Liga Amatir Southern untuk menyelenggarakan pertandingan di Istana Buckingham.

"Hari ini kita bermain bola di pekarangan nenek saya. Namun, saya perlu peringatkan, bila ada yang memecahkan kaca jendela, tolong langsung menghadap beliau," ujar William sambil bercanda.

Petugas lapangan Wembley, London, Tony Stones, bekerja sama dengan pegawai kebun istana untuk membuat lapangan seluas 100 meter x 60 meter.

Wasit Liga Primer, Howard Webb, yang menjadi wasit dalam pertandingan final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, ditunjuk sebagai penanggung jawab pertandingan ini.

Civil Service diminta untuk turut dalam pertandingan dan meminta agar Polytechnic, yang juga bermarkas di London, menjadi lawan.

"Kami pertama kali bermain 120 tahun lalu sehingga ada kaitan sejarah antara dua klub ini," kata Manajer Polytechnic Geoff Brown.

Dan, hasil pertandingan adalah Polytechnic mengalahkan Civil Service dengan skor 2-1.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com