Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: Para Uskup Keluarlah dari Gereja!

Kompas.com - 27/07/2013, 20:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Paus Fransiskus menantang para uksup sedunia untuk keluar dari gereja. Paus kelahiran Buenos Aires, Argentina itu juga meminta agar para uskup tak melulu berkotbah. "Pergilah ke tempat-tempat terjauh di antara kelompok masyarakat terpinggirkan untuk menemukan kembali imanmu,"kata Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Roma bernama asli Jorge Mario Bergoglio dalam perayaan misa di Rio de Janeiro, Brasil.

Menurut warta AP pada Sabtu (27/7/2013), pesan Paus itu disampaikan dalam misa untuk memperingati Hari Kaum Muda Dunia. Pesan itu sendiri bermakna agar para uskup yang juga pemimpin Gereja Katolik lokal bisa menjangkau segala lapisan masyarakat. Pesan itu pun sesuai dengan perutusan pada Hari Kaum Muda Dunia tersebut.

Kunjungan resmi kenegaraan kali pertama Paus Fransiskus sejak terpilih menggantikan pendahulunya Paus Benediktus XVI pada 13 Maret 2013 adalah ke Brasil. Di Negeri Samba, Paus Fransiskus yang memiliki motto Miserando atque Eligendo tersebut, bertemu dengan banyak kalangan. Usai misa, Paus Fransiskus bertemu dengan politisi, pelaku bisnis, intelektual, dan komunitas diplomatik. Di samping itu, mantan Uskup Agung Buenos Aires tersebut juga berjumpa dengan para uskup Brasil.

Menurut rencana, Paus Fransiskus akan kembali ke Vatikan pada Minggu (28/7/2013). Sebelumnya, tokoh kelahiran 
17 Desember 1936 itu mempersembahkan misa terakhirnya dalam kunjungan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com