Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2023, 17:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.comVegan bisa diartikan sebagai orang yang menerapkan gaya hidup 100 persen mengonsumsi nabati alias sama sekali tidak mengonsumsi unsur hewani sama sekali.

Dilansir dari Kompas.com, Founder Sehat Seutuhnya Willy Natanael Yonas mengatakan bahwa vegan memiliki definisi lebih luas, bukan sekadar pola makan berbasis nabati, melainkan sebuah gaya hidup yang diterapkan oleh beberapa orang.

"Ada yang menggunakan kata vegan itu jadi vegan lifestyle. Jadi vegan itu kan lebih ke orang-orang yang tidak mau pakai sebuah barang yang misalnya dari kulit hewan, udah gitu mereka tidak mau pakai kosmetik yang di testing ke hewan," tutur Willy.

Baca juga: Daftar Negara Anggota Liga Arab, Jumlahnya 22

Sementara itu, menurut Kabus Besar Bahasa Indonesia (KBB) vegan lebih diartikan sebagai individu. KBBI mendefiniskan vegan sebagai orang yang tidak makan daging, ikan, produk susu, atau telur.

Dilansir dari Britannica, kata vegan, yang merupakan turunan dari vegetarian, diusulkan pada 1944 oleh advokat hak hewan asal Inggris Donald Watson.

Pada tahun itu, Watson dan para vegetarian lainnya yang tidak mengonsumsi produk susu menginisiasi perkumpulan yang dinamakan Vegan Society.

Baca juga: Daftar 8 Negara Terkuat di Dunia

Mereka juga meluncurkan gerakan baru yang berupaya menghentikan eksploitasi makhluk hidup, termasuk perburuan dan eksperimen medis.

Gerakan yang mereka usung juga menyerukan untuk menemukan alternatif non-hewani untuk makanan, pakaian, dan kegunaan manusia lainnya.

Sejak saat itu, gaya hidup vegan menjalar ke seluruh dunia hingga kini. Dilansir dari World Population Review, berikut daftar negara dengan populasi vegan terbanyak di dunia.

Baca juga: Daftar Negara Anggota CSTO, Persekutuan Pecahan Uni Soviet

1. Inggris

Dibandingkan dengan semua negara di dunia, Inggris memiliki populasi vegan terbanyak. Statistik terkini menunjukkan bahwa popularitas vegan berkembang di Inggris.

Penelusuran restoran vegan dengan menu khusus vegan meningkat tiga kali lipat dalam empat tahun terakhir.

Pada 2017, ada 60.000 pencarian restoran vegan. Sedangkan pada 2020, ada lebih dari 200.000 pencarian untuk restoran vegan.

Banyak iklan dan tokoh media terkenal di Inggris mengungkapkan banyak manfaat menjadi vegan, sehingga popularitasnya semakin meningkat.

2. Australia

Negara dengan vegan terbanyak kedua adalah Australia. Mirip dengan Inggris, Australia mengalami lonjakan pencarian untuk restoran vegan, terutama dalam empat tahun terakhir.

Ada banyak faktor yang membuat poplaritas meroket di Australia, seperti kaitannya dengan perlawanan perubahan iklim hingga dampak berbahaya yang ditimbulkan manusia terhadap bumi dengan praktik pertanian yang berbahaya.

Baca juga: Ini Daftar Kota Termahal di Dunia 2022, Kota di Indonesia Termasuk?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com