Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Kenapa India Disebut Vrindavan

Kompas.com - 12/11/2022, 18:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Beredarnya konten-konten video atau foto tentang India di media sosial menimbulkan pertanyaan, kenapa India disebut Vrindavan oleh sejumlah netizen Indonesia?

Vrindavan mengacu pada kota di negara bagian Uttar Pradesh, India utara. Kota itu juga disebut sebagai Vrndaban, menurut penjelasan dari Encyclopaedia Britannica.

Kota Vrindavan terletak di tepi barat Sungai Yamuna, tepat di utara Mathura yang merupakan tempat suci Dewa Krishna dalam agama Hindu bagi yang menyembahnya.

Baca juga: 7 Sebab Kenapa di Amerika Tidak Ada Motor atau Tak Populer

Di Vrindavan dan hutan sekitarnya peristiwa-peristiwa penting dalam mitologi Krishna terjadi.

Britannica menyebutkan bahwa Vrindavan adalah tempat Krishna lahir dan menjalani masa kanak-kanaknya, tetapi di Vrindavan Online dituliskan bahwa Krishna lahir di Mathura.

Oleh karena itu, Mathura menjadi satu dari tujuh kota suci untuk ziarah Hindu. Hutan lebat Vrindavan menjadi tempat Krishna menghabiskan sebagian besar masa muda dan dewasanya, lanjut Vrindavan Online menjelaskan.

Nama Vrindavan juga masuk dalam cerita epik Mahabharata.

Apa itu Vrindavan dan kenapa terkenal?

Pertunjukan Mahabharata Kemlu.go.id Pertunjukan Mahabharata
Vrindavan dikenal melalui Krishna yang dikisahkan jenaka dan memikat gadis-gadis desa. Di situ pula ia diceritakan menemukan cinta sejatinya.

Nama Vrindavan berasal dari kata Vrinda atau Brinda dan Vana. Vrinda/Brinda mengacu pada daun Tulsi untuk pemujaan para dewa.

Kemudian, Vana adalah bahasa Sansekerta untuk hutan. Diyakini Vrindavan dulunya tempat tumbuh tanaman Tulsi yang besar dan padat.

Kota modern Vrindavan muncul pada abad ke-16 di sekitar salah satu kuil tertua yang masih bertahan sampai sekarang yaitu Govinda Dev.

Namun, sejak masa Mahabharata dan Perang Kurukshetra, Vrindavan mengalami kemunduran lalu kehilangan kejayaannya, seiring dengan Hinduisme yang mengalami pergolakan.

Hingga akhirnya, penyanyi suci dari Benggala Barat yaitu Chaitanya Mahaprabu menemukan kembali Vrindavan dan nama kota itu pun terdengar lagi di dunia.

Baca juga: Sejarah Kenapa China Disebut Tiongkok di Indonesia

Kuil Vrindavan Chandrodaya Mandir di India bakal menjadi tempat ibadah paling tinggi di dunia dengan tinggi 213 meter.InGenious Studio Kuil Vrindavan Chandrodaya Mandir di India bakal menjadi tempat ibadah paling tinggi di dunia dengan tinggi 213 meter.
Wujud Vrindavan sekarang

Vrindavan Online melaporkan, dalam 2,5 abad terakhir banyak hutan dan padang rumput terkenal di kota tersebut tergerus oleh arus urbanisasi yang cepat.

Hutan yang dulu lebat dengan berbagai satwa liar seperti merak dan burung-burung langka lainnya, kini digantikan bangunan serta komplek-komplek modern.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com