Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2022, 22:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

KOMPAS.com - Secara teknis daftar negara di benua Antartika berjumlah nol, tetapi ada tujuh negara yang mengeklaim wilayah di Antartika.

Ketujuh negara dengan klaim wilayah di Antartika adalah:

  • Perancis (Adelie Land)
  • Inggris (British Antarctic Territory)
  • Selandia Baru (Ross Dependency)
  • Norwegia (Peter I Island dan Queen Maud Land)
  • Australia (Australian Antarctic Territory)
  • Chile (Chilean Antarctic Territory)
  • Argentina (Argentine Antarctic)

Dikutip dari World Population Review, Perancis mengeklaim wilayahnya di Antartika pada 1840, diikuti Inggris (1908), Selandia Baru (1923), Norwegia (1931), Argentina (1932), Australia (1933), dan Chile (1940).

Baca juga: 10 Daftar Negara Termiskin di Dunia 2022

Australian Antarctic Territory adalah wilayah klaim terluas dengan 5,8 juta km persegi, disusul British Antarctic Territory (1.7 juta km persegi), Argentine Antarctica (1,46 juta km persegi), Chilean Antarctic Territory (1,25 juta km persegi), Ross Dependency (450.000 km persegi), Adelie Land (432.000 km persegi), dan Peter I Island (154 km persegi).

Antartika adalah benua terbesar kelima di dunia setelah Asia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Luasnya hampir dua kali Australia.

Daftar negara benua Antartika yang berjumlah nol juga membuatnya satu-satunya benua tanpa tempat tinggal manusia permanen.

Namun, di Antartika ada tempat tinggal temporer yang dihuni ilmuwan dan staf-staf pendukung selama bergiliran.

Dikutip dari National Geographic, Antartika juga satu-satunya benua tanpa penduduk asli.

Letaknya terpencil di belahan Bumi selatan yang dicakup oleh Konvergensi Antartika, yaitu garis lintang tidak rata lokasi perairan Antartika yang dingin mengalir ke utara bertemu perairan yang lebih hangat.

Baca juga:

Antartika mencakup sekitar 20 persen belahan Bumi selatan, dan daratan benuanya membentuk sebagian besar wilayah tersebut.

Daftar negara di benua Antartika berjumlah nol juga dikarenakan suhunya yang ekstrem dan sulit ditempati manusia. Suhu saat musim dingin antara -10 hingga -30 derajat Celsius, sedangkan saat musim panas suhunya "sehangat" 9 derajat Celsius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com