Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pemimpin Negara Terkenal yang Dibunuh, dari John F Kennedy hingga Shinzo Abe

Kompas.com - 09/07/2022, 19:05 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Tewasnya mantan PM Jepang Shinzo Abe pada Jumat (8/7/2022) menambah daftar pemimpin negara yang dibunuh, terutama dengan popularitas tinggi.

Sebelumnya, pemimpin negara yang dibunuh paling terkenal adalah presiden Amerika Serikat John F Kennedy pada 1963, dan tahun lalu ada Presiden Haiti Jovenel Moise.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah daftar pemimpin negara yang dibunuh khusus untuk yang popularitasnya tinggi.

Baca juga: Tetsuya Yamagami Pelaku Penembakan Shinzo Abe, Ini Senjata dan Motifnya Tembak Mantan PM Jepang

1. John F Kennedy (1963)

John F Kennedy ditembak pada 22 November 1963. Dua hari setelahnya, Oswald, penembak Kennedy, ditembak saat siaran langsung televisi nasional pada 24 November 1963.Shutterstock John F Kennedy ditembak pada 22 November 1963. Dua hari setelahnya, Oswald, penembak Kennedy, ditembak saat siaran langsung televisi nasional pada 24 November 1963.
Presiden AS ini tewas oleh peluru pembunuhnya pada 22 November 1963 saat mengendarai limusin atap terbuka di jalanan Dallas, Texas.

Kematiannya terekam dalam film dan mengejutkan dunia, bersama dengan gambar darah yang berceceran di pakaian pink istrinya yang glamor, Jackie.

Veteran Korps Marinir yang bermasalah dan membelot ke Soviet, Lee Harvey Oswald, ditangkap tak lama setelah itu dan dihukum.

Pembunuhan John F Kennedy memicu banyak teori konspirasi.

Oswald (26) ditembak mati dalam siaran langsung televisi ketika dia dipindahkan ke penjara.

Baca juga: 12 Daftar Pemimpin Negara yang Tewas Dibunuh, dari JFK hingga Presiden Haiti

2. Anwar El Sadat (1981)

Pemimpin negara yang dibunuh selanjutnya adalah Presiden Mesir Anwar El Sadat. Ia ditembak seorang milisi di Kairo pada 6 Oktober 1981.

Anwar El Sadat tewas tiga tahun setelah menandatangani Kesepakatan Camp David 1978 yang menghasilkan perjanjian damai 1979 dengan Israel. Itu adalah perjanjian damai pertama antara Israel dan negara Arab.

3. Indira Gandhi (1984)

Mantan Perdana Menteri India Indira Gandhi di Amerika Serikat pada 29 Juli 1982.ARSIP NASIONAL AS Mantan Perdana Menteri India Indira Gandhi di Amerika Serikat pada 29 Juli 1982.
Indira Gandhi, perdana menteri India saat itu, ditembak mati di New Delhi pada 31 Oktober 1984 oleh dua pengawal Sikh-nya untuk membalas serangan tentara brutal di Kuil Emas Amritsar yang mengusir separatis.

Putranya, Rajiv Gandhi, mengambil alih kekuasaan dan menjabat sampai 1989. Dia juga dibunuh pada 21 Mei 1991 oleh bom bunuh diri di Tamil saat kampanye pemilihan di India selatan.

4. Olof Palme (1986)

Perdana menteri Swedia Olof Palme ditembak mati pada 28 Februari 1986 oleh seseorang, tak lama setelah keluar dari bioskop di ibu kota Stockholm untuk berjalan pulang bersama istrinya. Misteri pembunuhan itu belum terpecahkan.

Baca juga:

5. Mohamad Boudiaf (1992)

Presiden Aljazair Mohamad Boudiaf dibunuh pengawalnya pada 29 Juni 1992, dan masuk dalam daftar pemimpin negara yang dibunuh.

Boudiaf ditembak mati saat berpidato di Annaba, enam bulan setelah pemilihannya.

Halaman:
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com