Kompas.com - 20/06/2022, 21:28 WIB

KOMPAS.com - Contoh genosida di dunia tersebar dari Namibia yang ditetapkan sebagai kasus pertama, hingga militer Myanmar terhadap Rohingya yang dinyatakan oleh Amerika Serikat (AS) pada Maret 2022.

Genosida Rohingya memicu eksodus massal pada 2016-2017, dan dinilai sebagai upaya memusnahkan sebagian besar minoritas Muslim di Myanmar.

Istilah genosida berasal dari kata Yunani genos berarti ras atau suku, dan akhiran cide dari bahasa Latin yang artinya membunuh.

Baca juga: Perbedaan Genosida dengan Kejahatan Kemanusiaan dan Kejahatan Perang

Sebutan genosida kali pertama digunakan untuk menggambarkan peristiwa Holocaust yang menewaskan enam juta orang Yahudi saat Perang Dunia II.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah sembilan contoh genosida di dunia dan peristiwa-peristiwa yang diduga kasus genosida.

1. Genosida Namibia

Jerman pada 2021 mengakui telah melakukan genosida di Namibia pada era kolonial.

Pemukim Jerman membunuh puluhan ribu penduduk asli Herero dan Nama antara 1904-1908. Pembantaian itu disebut oleh sejarawan sebagai genosida pertama pada abad ke-20.

2. Genosida Armenia

Parjurit Armenia bersiaga di tugu peringatan genosida di ibu kota Armenia, Yerevan, Jumat (24/4/2015), saat negeri itu memperingati 100 tahun pembantaian 1,5 juta warganya oleh pasukan Kekaisaran Ottoman di masa Perang Dunia I. KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP Parjurit Armenia bersiaga di tugu peringatan genosida di ibu kota Armenia, Yerevan, Jumat (24/4/2015), saat negeri itu memperingati 100 tahun pembantaian 1,5 juta warganya oleh pasukan Kekaisaran Ottoman di masa Perang Dunia I.
Armenia mengatakan, pasukan Turki Ottoman membunuh hingga 1,5 juta orang Armenia antara 1915-1917 selama Perang Dunia I.

Armenia sejak lama mencari pengakuan internasional atas peristiwa tersebut sebagai genosida, yang didukung oleh sekitar 20 negara dan banyak sejarawan.

Tuduhan itu ditolak keras oleh Turki yang menurutnya sekitar 500.000 orang Armenia tewas dalam pertempuran, pembantaian, atau kelaparan selama deportasi massal dari Anatolia timur.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Aung San Suu Kyi, Kontroversi Pejuang Demokrasi yang Hadapi Tuntutan Genosida

Halaman:


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.