Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2022, 19:35 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

REDMOND, KOMPAS.com - Sejarah Internet Explorer berakhir pada Rabu (15/6/2022) setelah pensiun usai 27 tahun beroperasi di komputer seluruh dunia.

Internet Explorer pada zamannya pernah dominan sebagai web browser Microsoft, tetapi kemudian dibenci oleh sebagian pengguna karena berbagai alasan.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah sejarah web browser Internet Explorer hingga pensiun jelang tiga dekade eksistensinya.

Baca juga: Sejarah NATO dari Perang Dingin hingga Perang Rusia-Ukraina

1. Sejarah Internet Explorer

Logo Microsoft di depan salah satu bangunan di Kantor Pusat Microsoft, Redmond, Washington, Amerika Serikat.Wicak Hidayat/KompasTekno Logo Microsoft di depan salah satu bangunan di Kantor Pusat Microsoft, Redmond, Washington, Amerika Serikat.
Versi pertama Internet Explorer keluar pada 1995 sebagai penantang browser yang saat itu sedang naik daun, Netscape Navigator.

Internet Explorer kemudian diinstal di sistem operasi Microsoft apa pun hingga menjadi browser default bagi banyak pengguna.

Pada 1997 otoritas Amerika Serikat (AS) menentang Microsoft yang memasukkan Internet Explorer ke dalam sistem operasi Windows untuk kali pertama dan mencoba menghancurkan persaingan dengan Netscape.

Kasus ini diakhiri dengan penyelesaian pada November 2001 yang tidak mengenakan sanksi keuangan, tetapi memaksa raksasa perangkat lunak milik miliarder Bill Gates itu untuk mengungkapkan lebih banyak informasi teknis dan melarang perjanjian anti-persaingan pada produk Microsoft.

Namun, para pengguna lambat laun mendapatkan lebih banyak browser alternatif favorit masing-masing, karena kelambatan dan gangguan yang dialami Internet Explorer.

Baca juga:

Pangsa pasar Microsoft dalam bisnis browser anjlok dari 90 persen pada 2000-an menjadi satu digit tahun ini.

Saat ini Google Chrome pasar browser dengan hampir 65 persen, menurut Statcounter situs analisis lalu lintas web.

Internet Explorer pensiun

Logo Internet Explorer di Windows 10.Istimewa Logo Internet Explorer di Windows 10.
Sekarang Microsoft tidak akan lagi menawarkan perbaikan atau pembaruan ke versi Explorer, dan pengguna akan diarahkan ke penggantinya yaitu Microsoft Edge.

Keputusan itu ditanggapi dengan berbagai reaksi oleh netizen. Ada yang mengingat masa-masa saat menggunakan Internet Explorer, atau membuat meme tentangnya.

"Kamu lama sekali mengunduh sesuatu, kamu freezing terus, dan kamu mudah digantikan browser lain," tulis akun Twitter @Zytrux_1 dengan tagar #ripinternetexplorer.

"Tapi itulah salah satu browser pertama yang saya gunakan, dan mendapat banyak kenangan indah berkat itu."

Logo Microsoft Edge ChromiumThe Verge Logo Microsoft Edge Chromium
Twitter juga dibanjiri meme tentang Internet Explorer, termasuk batu nisan atau peti mati bertuliskan logo "e" biru yang khas, dan tangkapan layar berisi pesan bahwa aplikasi berhenti bekerja (stopped working).

Microsoft tahun lalu mengumumkan Internet Explorer pensiun dan pada Rabu (15/6/2022) menjelaskan perlunya memulai browser baru yang berbeda yaitu Microsoft Edge.

"Internet Explorer (IE) secara resmi pensiun dan tidak didukung mulai hari ini," tulis Microsoft di blognya.

"Web berevolusi dan begitu pula browser. Peningkatan tambahan pada Internet Explorer tidak dapat menandingi peningkatan umum pada web secara luas, jadi kami memulai dari awal," tambahnya.

Baca juga: Profil dan Fakta Unik Ukraina, Negara Terluas Eropa yang Menyimpan Banyak Sejarah Dunia

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com