Kompas.com - 25/05/2022, 18:31 WIB

KOMPAS.com – Negara federasi adalah salah satu bentuk negara yang ada di dunia. Negara federasi juga bisa disebut sebagai negara serikat.

Di dunia ini, beberapa negara yang menganut bentuk negara federasi adalah Amerika Serikat (AS), Malaysia, Australia, Kanada, Meksiko, Irlandia, New Zealand, India, dan lainnya.

Menurut Seto Cahyono dalam Jurnal Pusat Pengkajian Hukum dan Pembangunan (1998), negara federasi adalah negara yang bersusun jamak.

Baca juga: Persemakmuran Inggris: Pengertian, Tujuan, dan Negara Anggota

Artinya adalah negara federasi tersusun dari beberapa negara yang semula berdiri sendiri-sendiri. Kemudian, negara-negara ini mengikatkan diri satu sama lain untuk menjadi satu namun tetap memiliki berbagai wewenang yang tetap diurus sendiri.

Dalam negara federasi, terdapat pemerintah federal dan pemerintah negara bagian. Pemerintah federal di sini bertindak sebagai pusat dan diisi oleh perwakilan dari pemerintah negara bagian.

Menurut Cahyono, asas federasi memiliki keseimbangan kekuasaan yang memosisikan pemerintah federal dan pemerintah negara bagian dalam susunan tertentu.

Keduanya pihak, yakni pemerintah federal dan pemerintah negara bagian, memiliki derajat yang sama dan masing-masing memiliki kebebasan untuk mengatur sendiri.

Baca juga: Pengertian Kapitalisme, Ideologi Ekonomi Berbasis Pasar Bebas

Sistem negara federasi

Masih menurut Cahyono, negara federasi memiliki sistem dalam menjalankan roda pemerintahan. Sistem tersebut adalah:

  • Pemerintah federal dan pemerintah negara bagian memiliki wewenang untuk mengadakan atau membuat undang-undang (UU). Sehingga ada dua bentuk UU yakni UU federal dan UU negara bagian.
  • Urusan-urusan yang menjadi kekuasaan pemerintah federal dan pemerintah negara bagian disebutkan secara terperinci di dalam UU. Sering diadakan lampiran khusus untuk menyebutkan hal-hal atau urusan-urusan yang diserahkan kepada atau menjadi wewenang pemerintah federal.
  • Pada negara federasi, kekuasaan asli berasal dari negara bagian. Kekuasaan ini kemudian diserahkan kepada negara federal.
  • Kedaulatan negara federasi terletak pada pemerintah federal.

Baca juga: Globalisasi: Pengertian dan Sejarah Awal

Ciri-ciri negara federasi

Diberitakan Kompas.com, negara federasi memiliki beberapa ciri-ciri yakni:

  • Memiliki lembaga senat sebagai representasi langsung kepentingan negara bagian. Setiap negara bagian memiliki lembaga legislatif masing-masing.
  • Kekuasaan yang melekat pada negara-negara bagian tidak dapat ditarik oleh pemerintah federal.
  • UU di negara bagian tidak terikat dengan UU pemerintah federasi.
  • Memiliki pouvoir constituant, yaitu wewenang membentuk undang-undang dasar (UUD) dan mengatur bentuk organisasi sendiri dalam batas konstitusi federal.
  • Pemerintah federal dan pemerintah negara bagian pada prinsipnya memiliki hak yang sama dengan wilayah pertanggungjawaban yang berbeda.
  • Negara bagian mendapatkan jaminan konstitusional sejak awal kedaulatan terhadap beberapa urusan.
  • Memiliki derajat sentralisasi yang lebih rendah.
  • Warga negara sangat bergantung pada komponen negara di mana warga negara tersebut berada.
  • Negara federasi sangat memperhatikan formalitas dan aspek hukum dalam pengambilan keputusan.

Baca juga: Sejarah Hubungan Internasional, Pengertian, dan Manfaatnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.