Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Periode Zaman Batu dan Ciri-cirinya

Kompas.com - 23/02/2022, 21:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

 

KOMPAS.com - Zaman Batu adalah tahap budaya prasejarah, atau tingkat perkembangan manusia, yang ditandai dengan penciptaan dan penggunaan alat-alat dari batu.

Zaman Batu dimulai dengan produksi pertama alat-alat batu dan diakhiri dengan penggunaan perunggu yang pertama.

Karena batas kronologis Zaman Batu didasarkan pada perkembangan teknologi daripada rentang tanggal aktual, panjangnya bervariasi di berbagai wilayah di dunia.

Tanggal global paling awal untuk permulaan Zaman Batu adalah 2,5 juta tahun yang lalu di Afrika, dan tanggal akhir paling awal adalah sekitar 3300 SM, yang merupakan awal Zaman Perunggu di wilayah sekitar Laut Mediterania hingga Teluk Persia/Arab.

Namun secara umum, Zaman Batu dibagi menjadi tiga periode yang berbeda —Periode Paleolitikum, Periode Mesolitikum, dan Periode Neolitikum— berdasarkan tingkat kecanggihan dalam pembuatan dan penggunaan alat.

Urutan yang tepat untuk pembagian zaman batu yaitu:

Baca juga: Ciri-ciri dan Evolusi Manusia Purba

1. Zaman Paleolitikum atau Zaman Batu Tua:

Zaman Batu Tua dimulai dari produksi pertama artefak batu, sekitar 2,5 juta tahun yang lalu, hingga akhir Zaman Es terakhir, sekitar 9.600 SM. Ini adalah periode Zaman Batu terpanjang.

Jenis bukti utama adalah sisa-sisa fosil manusia dan peralatan batu, yang menunjukkan peningkatan bertahap dalam kompleksitasnya.

Berdasarkan teknik yang digunakan dan kualitas alat, ada beberapa industri batu (kadang-kadang disebut sebagai industri "litik").

Industri litik paling awal (2,5 juta tahun yang lalu) disebut Oldowan, yang merupakan pemotong dan kepingan yang sangat sederhana.

Industri litik lain yang disebut Acheulean muncul sekitar 1,7 juta tahun yang lalu, menghasilkan bentuk lebih kompleks dan simetris dengan tepi yang tajam.

Ada beberapa jenis industri litik lainnya sampai akhirnya menjelang akhir Paleolitikum, sekitar 40.000 tahun yang lalu. Sekitar waktu yang sama, rekaman ekspresi kehidupan artistik pertama juga terlihat dengan adanya: ornamen pribadi, lukisan gua, dan seni mobilary.

Baca juga: Persebaran Manusia Purba: Kronologi dan Alasan Migrasi Awal

2. Zaman Mesolitikum atau Zaman Batu Tengah

Zaman Batu Tengah salam istilah ilmiah murni, Mesolitikum dimulai pada akhir periode yang dikenal dalam geologi sebagai stadial Dryas Muda, musim dingin terakhir, yang menandai akhir Zaman Es, sekitar 9.600 SM.

Periode Mesolitikum berakhir ketika pertanian dimulai. Ini adalah waktu para pemburu-pengumpul awal berkembang.

Pertanian berkembang pada waktu yang berbeda di berbagai wilayah di dunia, jadi tidak ada tanggal tunggal untuk akhir periode Mesolitikum. Bahkan dalam suatu wilayah tertentu, pertanian berkembang pada waktu yang berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com