Profil Pangeran Andrew, Putra Ratu Elizabeth II yang Kerap Jadi Sumber Skandal Kerajaan Inggris

Kompas.com - 06/02/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Pangeran Andrew, Duke of York lahir pada 1960 di Istana Buckingham, putra kedua dari pasangan Ratu Elizabeth II dan Duke of Edinburgh (Pangeran Philip).

Dia bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan Inggris pada 1979 dan kemudian menjadi pilot helikopter, mengabdi selama 22 tahun.

Pada 1986 ia menikahi Sarah Ferguson dalam angin puyuh perhatian media, tetapi pada 1996, pasangan itu bercerai di tengah perhatian media pada pernikahannya.

Dia melayani Inggris dalam berbagai kapasitas, terakhir sebagai perwakilan khusus untuk perdagangan dan investasi internasional.

Namun pada 2022, Ratu Elizabet melucuti semua gelarnya karena terseret dalam skandal seksual yang mengharuskannya menjalani proses persidangan di Amerika Serikat.

Baca juga: Kronologi Kasus Pelecehan Seksual Pangeran Andrew yang Membuatnya Kehilangan Gelar Kerajaan

Anak emas kerajaan

Pangeran Andrew (Andrew Albert Christian Edward, lengkap) lahir delapan tahun dalam masa pemerintahan Ratu, ketika dia lebih terbiasa dengan peran itu dan memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama anak-anaknya.

Pangeran Andrew lebih supel dan atletis, sementara saudaranya Pangeran Charles pamalu dan artistik.

"Andrew selalu menjadi putra kesayangan Ratu dan tidak pernah melakukan kesalahan di matanya," kata kepala pelayan Putri Diana, Paul Burrell dalam film dokumenter, The Royal Family at War.

Andrew muda diajar oleh seorang pengasuh di Istana Buckingham. Dia melanjutkan pendidikan yang sama dengan ayah dan kakaknya di Sekolah Gordonstoun di Morayshire, Skotlandia saat berusia 13 tahun.

Baca juga: Kasus Pelecehan Seksual Masuk Pengadilan, Pangeran Andrew Diyakini Bakal Kesulitan Bayar

Pada 1979, pewaris tahta urutan kesembilan ini masuk ke Britannia Royal Naval College di Dartmouth. Jalur ini mengarahkannya untuk bergabung dengan Angkatan Laut Kerajaan sebagai perwira dan pelatihan untuk menjadi pilot.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.