Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Shio Macan Air di Tahun Baru Imlek 2022

Kompas.com - 01/02/2022, 10:34 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber CNN Travel

HONG KONG, KOMPAS.com - Imlek 2022 atau Tahun Baru China 2573 jatuh pada Selasa (1/2/2022), dan shio tahun ini adalah Macan Air.

Dikutip dari CNN Travel pada Senin (31/1/2022), siklus 12 tahun kalender zodiak China diwakili oleh 12 hewan yang berbeda.

Para pengikutnya percaya bahwa untuk setiap zodiak China, keberuntungan akan sangat bergantung pada posisi Tai Sui, yaitu bintang-bintang yang berhadapan langsung dengan Jupiter.

Baca juga: Ketika Warga China Mengeluh Suasana Imlek 2022 Memudar karena Covid-19…

Jika zodiak Anda bentrok dengan Tai Sui--alias Grand Duke of Jupiter--pada tahun tertentu, para ahli mengatakan bahwa Anda mungkin akan mengalami beberapa kesulitan.

Setahun tidak hanya dikategorikan berdasarkan hewan zodiaknya. Ada juga siklus kompleks yang terdiri dari 10 batang langit dan 12 cabang bumi.

Setiap tahun, batang langit (salah satu dari lima elemen, termasuk dalam kategori yin atau yang) dipasangkan dengan cabang bumi (salah satu dari 12 hewan zodiak China).

Jadi, tanggal 1 Februari 2022 menandai awal tahun Ren Yin, elemen ke-39 dari siklus enam tahun China.

Macan atau Yin dipasangkan dengan batang langit Ren yaitu air, sehingga disebut sebagai Tahun Macan Air.

"Macan Air adalah nama tahun ini, tetapi jangan salah, elemen kayu dan api jauh lebih menonjol daripada air tahun ini," terang konsultan geomansi Hong Kong So Man-fung Peter kepada CNN Travel.

"Bagaimana sebuah tahun memengaruhi Anda tergantung pada elemen apa yang Anda butuhkan dan takuti sesuai dengan bagan kelahiran Anda."

Baca juga: Pasang “Macan” Peringati Tahun Baru Imlek, Dekorasi di Mal Ini Jadi Sorotan hingga Viral

Kalender 60 tahun sering digunakan untuk menghitung bagaimana tanda lahir setiap orang akan terpengaruh pada tahun tertentu.

Dalam geomansi China, bagan ulang tahun seseorang terdiri dari berbagai elemen yang berinteraksi dengan batang langit dan cabang bumi tahun itu.

Jadi bagi banyak orang China, kalender memainkan peran penting dalam membuat keputusan besar dalam hidup untuk tahun tertentu, seperti apakah harus menikah atau memulai bisnis.

Oleh karena bagan ulang tahun setiap orang terdiri dari berbagai elemen seperti hari dan waktu kelahiran, interaksinya dengan tahun mungkin sedikit berbeda.

Namun, "ada beberapa panduan umum yang bisa kita ikuti," kata So.

Halaman:
Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com