Kompas.com - 06/12/2021, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Sejarah penerbangan dunia sudah dimulai sejak ribuan tahun lalu, ketika sejumlah tokoh pemikir mulai menunjukkan obsesinya untuk terbang ke langit.

Beberapa tokoh dalam sejarah memiliki ide, teori, dan imajinasi yang lebih rinci tentang penerbangan, salah satunya seniman dan penemu Italia Leonardo da Vinci (1505-1506).

Baca juga: Menhan AS Sebut Penerbangan Pesawat China di Dekat Taiwan Seperti Latihan

Dalam bukunya "Codex on the Flight of Birds", da Vinci menuliskan ribuan catatan dan menggambar ratusan sketsa tentang sifat penerbangan.

Ada juga prinsip-prinsip aerodinamis, yang akan menjadi dasar awal dan sangat memengaruhi industri penerbangan dan pesawat buatan manusia.

Pencarian dimulai dari menerbangkan layang-layang di China kuno, hingga penggunaan balon udara panas bertenaga hidrogen di Perancis abad ke-18.

Selanjutnya pesawat kontemporer yang begitu canggih ditemukan, sampai inovasi pesawat yang tidak dapat dideteksi oleh radar atau mata manusia.

Berikut ini garis waktu obsesi manusia untuk terbang, yang membentuk sejarah penerbangan dunia.

Baca juga: KABAR DUNIA SEPEKAN: Varian Omicron Lebih Buruk dari Delta | Penerbangan dari Afrika Selatan Diblokir Sejumlah Negara

1. Penerbangan balon udara berawak pertama (1783)

Dua bersaudara asal Perancis Joseph-Michel dan Jacques-Etienne Montgolfier merancang penerbangan uji, yang sukses dengan bebek, domba, dan ayam jantan sebagai penumpang.

Dua bulan setelahnya, dua manusia naik dengan balon rancangan Montgolfier di atas Paris.

Didukung oleh api buatan tangan, pesawat dari kertas dan sutra itu naik 500 kaki vertikal, dan melakukan perjalanan sekitar 5,5 mil selama sekitar setengah jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.