Akhir dari Perang Saudara China dan Sejarah Berdirinya Taiwan

Kompas.com - 30/11/2021, 11:43 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Berakhirnya Perang Saudara China (1927-1949) berujung  pada berdirinya Republik Rakyat China (RRC) yang mengendalikan China Daratan, dan terbentuknya Republik China di Pulau Taiwan.

Puluhan tahun kemudian, China terus berupaya menarik masuk Taiwan karena menganggap pulau yang diperintah secara demokratis itu termasuk bagian wilayah mereka.

Namun, banyak orang Taiwan tidak setuju. Mereka merasa pada dasarnya memiliki negara yang terpisah, terlepas dari apakah kemerdekaannya sudah secara resmi dideklarasikan atau tidak.

Baca juga: Kronologi Penyebab Perang Saudara China

Melansir BBC pada 26 Mei 2021, berikut adalah sejarah berdirinya Taiwan mulai akhir dari Perang Saudara China

Asal penduduk Taiwan

Pemukim pertama yang diketahui di Taiwan adalah orang-orang suku Austronesia, yang diperkirakan berasal dari China selatan modern.

Pulau ini tampaknya pertama kali muncul dalam catatan China pada 239 M ketika seorang kaisar mengirim pasukan ekspedisi untuk menjelajahi daerah tersebut.

Hal itulah yang kemudian digunakan Beijing untuk mendukung klaim teritorialnya.

Setelah pendudukan Belanda yang relatif singkat (1624-1661), Taiwan diperintah oleh dinasti Qing China dari 1683 hingga 1895.

Sejak abad ke-17, sejumlah besar migran mulai berdatangan dari China, yang sering kali melarikan diri dari kekacauan atau kesulitan.

Kebanyakan dari mereka adalah orang China Hoklo dari provinsi Fujian (Fukien) atau China Hakka, sebagian besar dari Guangdong.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.