Kokain: Andalan Kartel Narkoba, Sebabkan Halusinasi Gila

Kompas.com - 19/11/2021, 07:00 WIB
Tanaman coca, bahan dasar pembuatan kokain. SHUTTERSTOCKTanaman coca, bahan dasar pembuatan kokain.

KOMPAS.com - Narkoba jenis kokain, atau dikenal juga sebagai kristal putih alkaloid, diperoleh dari daun tanaman koka (Erythroxylum Coca).

Dilansir Britannica, koka adalah tumbuhan seperti semak yang biasa ditemukan tumbuh liar di Peru, Bolivia, dan Ekuador dan dibudidayakan di banyak negara lain.

Rumus kimia kokain adalah C17H21NO4.

Baca juga: Viral Video Tik Tok Para Buruh Kokain di Kolombia Ditonton Jutaan Kali

Efek Kokain

Kokain bertindak sebagai anestesi, yang mengganggu konduksi impuls di saraf, terutama di selaput lendir mata, hidung, dan tenggorokan.

Kokain, ketika tertelan dalam jumlah kecil, menghasilkan perasaan sejahtera dan euforia, bersama dengan nafsu makan yang menurun, kelegaan dari kelelahan, dan peningkatan kewaspadaan mental.

Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar dan pada penggunaan yang berkepanjangan dan berulang, kokain dapat menghasilkan depresi, kecemasan, lekas marah, hingga masalah tidur.

Kokain juga memicu kelelahan kronis, kebingungan mental, paranoia, dan kejang-kejang, yang dapat menyebabkan kematian.

Baca juga: Kuda Nil Kokain Milik Pablo Escobar Bakal Disterilkan, Ini Alasannya...

Sejarah Pemakaian Kokain

Selama berabad-abad, orang India di Peru dan Bolivia telah mengunyah daun koka yang dicampur dengan butiran batu kapur atau abu tanaman.

Mereka melakukannya untuk kesenangan atau untuk menahan kondisi kerja yang berat, juga demi menunda rasa lapar dan haus.

Dalam budaya lain, alkaloid aktif secara kimiawi diekstraksi dari daun koka dan diubah menjadi garam hidroklorik kokain atau kokain hidroklorida.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Britannica
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.