Negara yang Berperang di Perang Dunia I dan Alasan Keterlibatannya

Kompas.com - 15/11/2021, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Untuk memahami siapa saja yang berperang di Perang Dunia I, kita perlu menelusuri kembali jalannya perang besar dunia ini.

Konflik pertama antara negara-negara industri besar ini mengakibatkan setidaknya sepuluh juta tentara tewas dan sedikitnya 21 juta dimutilasi.

Baca juga: Bom Perang Dunia I Meledak di Pesta Setelah Pernikahannya, Pengantin Ini Kehilangan Saudaranya

Mengerikannya konflik ketika itu membuat sejarawan Australia Paul Ham kemudian menulis bahwa, bahkan untuk para pemenang Perang dunia I, perang “menghancurkan peradaban kita”.

Tidak hanya perang secara dramatis mengubah bentuk masyarakat pada saat itu, dampaknya terus bergema sepanjang abad ke-21.

Bagaimana Perang Dunia I dimulai?

Secara umum dipahami bahwa penyebab langsungnya adalah pembunuhan Franz Ferdinand, Pengaran Austria-Hongaria.

Kematiannya di tangan Gavrilo Princip, seorang nasionalis Serbia yang memiliki hubungan dengan kelompok militer rahasia yang dikenal sebagai Tangan, mendorong kekuatan militer utama Eropa menuju perang.

Konflik lokal itu secara signifikan berubah menjadi lebih rumit, karena adanya kelompok aliansi yang secara bertahap dibentuk antara negara-negara besar.

Baca juga: Kisah Prajurit Termuda di Perang Dunia I Tahun 1916

Pada 1914, aliansi di enam kekuatan utama Eropa bergabung menjadi dua kelompok besar. Inggris, Perancis, dan Rusia membentuk Triple Entente. Sementara Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia membentuk Triple Alliance.

Ketika negara-negara ini saling membantu setelah pembunuhan Franz Ferdinand, deklarasi perang mereka menghasilkan efek domino.

Rangkuman kronologi perang dunia I sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Week
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.