Kompas.com - 02/11/2021, 04:06 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana sejarah Amerika Serikat berdiri? Sejarah Amerika Serikat berdiri sebagai negara berdaulat dimulai dari ditemukannya benua Amerika dan berakhirnya Perang Revolusi Amerika.

Penjelajah Eropa, Christopher Columbus, pada 12 Oktober 1492 untuk pertama kali tiba di benua Amerika yang ia juluki Dunia Baru.

Saat Columbus tiba, Dunia Baru sudah dihuni oleh sejumlah orang yang diperkirakan datang dari benua Asia, dan penduduk pertama yang tinggal di sana di sekitar 20.000 hingga 35.000 tahun sebelumnya, setelah terjadi migrasi melalui Selat Bering.

Pada saat orang Eropa pertama muncul, penduduk asli yang biasa disebut sebagai orang Indian yang telah menyebar dan menduduki semua bagian Dunia Baru.

Baca juga: Militer Amerika Serikat Nomor Satu di Dunia, Kenapa?

Masuknya bangsa Eropa ke Amerika

Melalui ekspedisi Christopher Columbus, Spanyol menjadi negara pertama yang masuk ke Amerika.

Kemudian disusul negara Eropa lainnya untuk masuk Amerika, seperti Portugis, Perancis, dan Inggris.

Melansir Britannica, pada 1500, pengaruh Portugis di Dunia Baru masuk melalui ekspedisi Pedro lvares Cabral yang melintasi pantai Brasil dalam perjalanan menuju India.

Portugis adalah negara Eropa pertama yang mempromosikan eksplorasi dan kolonisasi luar negeri, yang dimulai dengan ekspedisi Portugis ke Porto Santo di lepas pantai Afrik Barat pada 1418.

Pada paruh terakhir abad ke-16, Perancis telah masuk ke benua Amerika dan berniat mendirikan koloni di Florida dan Brasil. Namun semuanya gagal.

Pada 1543, Perancis telah menghentikan upaya mereka untuk menjajah bagian timur laut Dunia Baru.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.