Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Manusia Harus Berpakaian?

Kompas.com - 29/10/2021, 14:19 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Model pakaian sekarang bermacam-macam, tetapi terpikirkah sejak kapan manusia berpakaian dan kenapa manusia harus berpakaian?

Ratusan ribu tahun lalu, pakaian mulai digunakan oleh para manusia purba.

Hal itu diyakini dari beberapa petunjuk tentang penggunaan pakaian di situs arkeologi, seperti Gran Dolina di Pengunungan Atapuerca Spanyol yang terhubung dengan kehidupan Homo antecessor (1,2 juta - 800.000 tahun lalu) atau di di Schöningen, Jerman yang terhubung dengan Homo heidelbergensis (600.000 dan 400.000 tahun lalu).

Mengutip dari Sciencefocus.com menyebutkan sebuah studi 2012 memperkirakan bahwa manusia Neanderthal (sekitar 40.000 tahun lalu di Eurasia) mungkin menutupi tubuh mereka dengan pakaian hingga 80 persen untuk bertahan hidup di musim dingin yang keras.

Manusia purba saat itu menggunakan jarum yang terbuat dari tulang dan batu, untuk membuat pakaian yang dijahit.

Baca juga: Evolusi Pakaian Golf di Seluruh Dunia

Pakaian berfungsi sebagai perlindungan diri

Bisa dipahami bahwa manusia zaman purba mulai belajar membuat dan menggunakan pakaian karena mereka butuh melindungi diri dari lingkungan alami, seperti cuaca.

Pakaian melindungi tubuh manusia dari sengatan matahari, terpaan angin, debu yang tertiup, serangga, duri, dan hujan.

Sementara, bahan dan bentuk pakaian tersebut akan menyesuaikan dengan lingkungan yang identik di sana.

Seperti, wanita Mesir kuno mengenakan pakaian berbahan linen yang sangat halus dan terlihat transparan, untuk mendinginkan tubuh dari cuaca panas yang identik di sana.

Orang Romawi kuno yang memiliki toga sebagai pakaian tradisionalnya, menganggap celana panjang orang Eropa Utara adalah gaya barbar.

Sebenarnya, orang Eropa Utara identik menggunakan celana panjang karena iklim di wilayah mereka yang lebih dingin, sehingga mereka butuh untuk menggunakan pakaian yang lebih menutupi badan.

Perlindungan diri menjadi fungsi dasar dari pakaian dan alasan kenapa manusia harus berpakaian. Alasan tersebut kemudian berkembang, seperti yang dilansir dari Bellatory.com.

Baca juga: Sejarah Tekstil dan Awal Mula Produksi Pakaian Modern

Pakaian berfungsi sebagai aspek kesopanan

Fungsi kesopanan dari berpakaian sangatlah bervariasi dan tergantung pada tempat seseorang itu berada dan identitas budaya yang bisa saja bergeser di sana.

Seperti contohnya di Timur Tengah di lingkungan mayoritas Muslim, seseorang perlu berpakaian tertutup, tidak bisa sembarangan, terlepas imannya apa, untuk memenuhi aspek kesopanan.

Selain itu, pakaian yang tertutup akan melindungi tubuh dari sengatan matahari yang terik dan angin berpasir, cuaca alami di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com