Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Turnamen Sepak Bola Tertua di Dunia?

Kompas.com - 27/10/2021, 04:39 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KOMPAS.com - Di antara Piala Dunia (FIFA World Cup), Liga Champions, Piala Eropa, dan Piala FA, apa turnamen sepak bola yang tertua di dunia?

The Football Association Challenge Cup yang dikenal di seluruh dunia sebagai Piala FA (FA Cup) adalah turnamen sepak bola tertua di dunia.

Piala FA adalah kompetisi sepak bola dari Inggris yang merebutkan piala dengan menggunakan sistem gugur yang diadakan setiap tahun.

Baca juga: Bagaimana Sejarah Sepak Bola Jadi Olahraga Mendunia?

Piala FA tidak hanya mempertandingkan sepak bola pria, tetapi juga wanita, yang disebut Piala FA Wanita (FA Women’s Cup).

Piala FA pertama kali diadakan pada 1871-1872, sehingga usia Piala FA saat ini telah berusia 150 tahun.

Piala FA adalah turnamen yang bisa diikuti oleh klub besar maupun kecil, yang telah menyatukan elit masyarakat Victoria dan orang-orang dari strata paling sederhana.

Charles W Alcock yang saat itu adalah Sekretaris FA, yang menjadi penggerak utama dalam pengembangan sepak bola internasional dan Piala FA pada 1871.

Baca juga: Inilah Sejumlah Basis Penggemar Sepak Bola Paling Berbahaya di Dunia

Pada 20 Juli 1971, mengutip dari situs The FA, dalam pertemuan komite FA di kantor surat kabar The Sportsman, Alcock mengusulkan, “Challenge Cup harus didirikan sehubungan dengan Asosiasi, di mana semua klub yang tergabung dalam Asosiasi harus diundang untuk bertanding”.

Mosi itu dilakukan dengan cepat, aturan kompetisi knock-out disetujui dan undangan dikeluarkan untuk 50 klub anggota FA saat itu, hanya 15 di antaranya yang awalnya merespons.

Namun lebih lanjut, sekitar puluhan klub akhirnya mengambil bagian dalam kompetisi yang hanya berlangsung 13 pertandingan, putaran pertama pertandingan berlangsung pada 11 November 1871.

Puncak final berlangsung di Kennington Oval pada 16 Maret 1872.

Hadiah Piala FA pertama kali diberikan berupa lencana sutra kepada setiap pemain dari klub pemenang hampir sebulan setelah pertandingan final.

Baca juga: Inilah 5 Momen Epik Paling Mengharukan dalam Sejarah Sepak Bola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com