Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Golf: Berawal di Skotlandia ke Seluruh Dunia

Kompas.com - 26/10/2021, 20:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

KOMPAS.com - Olahraga golf seperti yang kita kenal sekarang dapat dikaitkan dengan Skotlandia, meski ada beberapa permainan tongkat dan bola sepanjang sejarah dunia.

Pada abad ke-13, Belanda memainkan permainan di mana bola kulit dipukul dengan tujuan mencapai target beberapa ratus meter jauhnya. Pemenangnya adalah pemain yang mencapai target dengan tembakan paling sedikit.

Namun di Skotlandia, olahraga serupa dikenal sebagai golf. Meski serupa, dalam sejarah golf yang menjadi pembeda antara keduanya adalah adanya “lubang”.

Sejarah golf sendiri dapat ditelusuri asal-usulnya kembali ke Skotlandia abad ke-15.

Baca juga: KJRI Chicago Promosikan Pariwisata Indonesia Lewat Turnamen Golf Bersama Para Agen Perjalanan Terbesar di Midwest

Sejarah golf Skotlandia

Permainan ini pertama kali disebutkan dalam Undang-Undang Parlemen Skotlandia pada 1457. Isinya menyerukan larangan agar olahraga ini dimainkan bersama sepak bola.

Raja James II dari Skotlandia yang mengeluarkan larangan tersebut saat itu menilai, bermain olahraga merupakan gangguan dari pelatihan militer.

Dia merasa menyempurnakan memanah akan menjadi kegiatan olahraga yang lebih bermanfaat.

Setelah beberapa larangan lagi sepanjang abad ke-15, dan golf dicerca sebagai olahraga yang tidak menguntungkan, pembatasan bermain game dihapus dengan Perjanjian Glasgow mulai berlaku pada 1502.

Saat ini, orang Skotlandia sangat bangga dengan warisan golf mereka. Sebaluh lapangan "kuno" terus menarik ribuan pengunjung setiap tahun, dan lokasi itu terus memainkan peran penting dalam sejarah golf.

Ilustrasi golf.SHUTTERSTOCK / S_Wassana Ilustrasi golf.

Baca juga: Trump Marah-marah Lapangan Golf-nya Tak Jadi Tuan Rumah Turnamen Top

Sejarah aturan permainan golf

Baru pada abad ke-16 informasi tentang cara bermain golf muncul secara tertulis. Tulisan ini, yang muncul di berbagai buku dalam bahasa Latin dan Belanda, yang merinci aturan pada saat itu.

Aturan tertua yang tercatat untuk permainan golf berasal dari tahun 1744, di mana The Honorable Company of Edinburgh Golfers menerbitkan “Articles and Laws in Playing at Golf.”

Sepotong sejarah golf kuno ini, sekarang disimpan di Perpustakaan Nasional Skotlandia. Keberadaannya memberikan daya tarik pada klub Muirfield, sebagai klub golf yang bertahan paling lama dalam sejarah golf.

Golf selama periode awal ini sebagian besar dimainkan dalam permainan informal dan sangat bersahabat di Skotlandia.

Para pemainnya menggunakan lahan publik, yang juga sering dimanfaatkan sebagai tempat memelihara ternak seperti domba dan kambing. Hewan-hewan ini ketika itu sekaligus berfungsi sebagai "ahli agronomi" dan pemotong rumput.

Baca juga: Trump Marah-marah Lapangan Golf-nya Tak Jadi Tuan Rumah Turnamen Top

Golf menyebar ke seluruh dunia

Dalam sejarah golf, tentara Skotlandia, imigran, dan ekspatriat memainkan peran penting dalam menyebarkan olahraga golf ke seluruh dunia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com