Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/10/2021, 13:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Sejak awal tahun 2021, Korea Utara cukup rutin menggelar uji coba rudal dari berbagai jenis.

Terbaru, Korea Utara mengonfirmasi telah berhasil menguji coba peluncuran rudal balistik dari kapal selam (SLBM) pada Selasa (19/10/2021).

Kompas.com merangkum uji coba rudal yang telah dilakukan oleh Korea Utara sejak awal 2021. Berikut rangkumannya.

Baca juga: Korea Utara Konfirmasi Telah Berhasil Uji Coba Rudal Balistik di Laut Jepang

1. Rudal jarak pendek

Ilustrasi rudal.SHUTTERSTOCK Ilustrasi rudal.

Pada Maret, Korea Utara meluncurkan dua rudal jarak pendek, manuver pertama yang dilakukan Pyongyang sejak Presiden AS Joe Biden menjabat pada 20 Januari.

Uji coba tersebut sejalan dengan praktik Pyongyang di masa lalu yang biasa menggunakan uji coba rudalnya untuk memprovokasi AS dan Korea Selatan.

Berdasarkan keterangan Kementerian Pertahanan Korea Selatan, dua rudal jarak pendek itu ditembakkan ke Laut Kuning dari Onchon pada 21 Maret.

Dua rudal tersebut tidak terlalu dirisaukan oleh komunitas internasional karena tidak melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang Korea Utara menguji coba rudal balistik.

Insiden itu terjadi setelah Korea Utara mengritik langkah AS dan Seoul yang tetap menggelar latihan militer gabungan.

Baca juga: Baru Saja Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik, Korea Selatan Waspada

2. Rudal balistik

Foto yang dirilis pemerintah Korea Utara menunjukkan proyektil yang diduga merupakan rudal balistik ditembakkan oleh Akademi Sains Pertahanan di sebuah lokasi rahasia pada 25 Maret 2021.Korean Central News Agency/Korea News Service via AP Foto yang dirilis pemerintah Korea Utara menunjukkan proyektil yang diduga merupakan rudal balistik ditembakkan oleh Akademi Sains Pertahanan di sebuah lokasi rahasia pada 25 Maret 2021.

Selang beberapa hari setelah meluncurkan dua rudal jarak pendek, Korea Utara kembali menguji coba rudal. Kali ini, yang diluncurkan adalah rudal balistik.

Rudal tersebut merupakan rudal balistik pertama yang Pyongyang luncurkan pada 2021 dan merupakan yang perdana di era Biden.

Menurut resolusi Dewan Keamanan PBB, Korea Utara dilarang menembakkan rudal balistik. Karena itu, langkah Pyongyang dikecam AS, Jepang, hingga Korea Selatan.

Korea Utara mengeklaim, dua rudal itu terbang sejauh 600 kilometer di pesisir timur, mematahkan tinjauan Jepang bahwa benda itu melaju sejauh 400 kilometer.

Negara-negara Eropa di kursi Dewan Keamanan PBB bahkan langsung meminta pertemuan tertutup usai Korea Utara melakukan peluncuran rudal tersebut.

Baca juga: Intelijen AS: Korut Bakal Uji Coba Rudal Balistik Tahun Depan

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com