Kompas.com - 08/10/2021, 11:25 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Charas adalah salah satu bentuk konsentrat ganja tertua dan terkenal di India, yang diyakini sebagai asal tempat obat ini berkembang, selain di Pakistan, dan Nepal.

Melansir The Sun pada Senin (4/10/2021), Charas biasanya dibuat dari bahan tanaman kering, diolah menggunakan tangan, dan dijual dalam bentuk bola atau stik.

Banyak petani di wilayah India, Pakistan, dan Nepal, disebutkan banyak yang membuat charas ini sebagai sumber pendapatan mereka.

Baca juga: Bayi 3 Tahun Tewas Kepanasan di Dalam Mobil Saat Ibu Urus Ganja

Di 3 negara Asia Setalan tersebut Charas memiliki kegunaan untuk praktik spiritual atau keagamaan. Contohnya, digunakan oleh kelompok Shaivs, sekte agama Hindu yang menyembah Dewa Siwa.

Dewa Siwa diyakini oleh sekte Shaivs suka merokok, oleh karena itu mereka memasukkan praktik merokok ganja charas ke dalam ritual agam mereka.

Sekte lainnya, seperti Naga Sadhus, Ahjorhis, dan Tantra Bhairava, juga melakukan hal yang sama, merokok ganja charas dengan bebas.

Baca juga: Latihan Tempur Kacau Gara-gara Cupcake Ganja, Tentara Kanada Jadi Terdakwa

Apakah charas itu ilegal di India?

Pada dasarnya, menggunakan charas ilegal di India karena termasuk sebagai bagian dari UU Narkotika dan Psikotropika 1985.

Undang-undang melarang dan mengkriminalisasi penjualan, kepemilikan, pengangkutan, dan penanaman ganja dalam bentuk tertentu di India.

Bagian dari tanaman ganja yang ilegal di India adalah pucuknya, tidak termasuk biji dan daunnya. Bentuk berbagai campuran ganja termasuk ilegal di India, selain charas.

“Campuran apa pun, dengan atau tanpa bahan netral apa pun, dari salah satu bentuk ganja di atas atau minuman apa pun yang dibuat darinya (ganja),” demikian bunyi hukumnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.