Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Charas, Konsentrat Ganja Terkenal dari India

Kompas.com - 08/10/2021, 11:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

NEW DELHI, KOMPAS.com - Charas adalah salah satu bentuk konsentrat ganja tertua dan terkenal di India, yang diyakini sebagai asal tempat obat ini berkembang, selain di Pakistan, dan Nepal.

Melansir The Sun pada Senin (4/10/2021), Charas biasanya dibuat dari bahan tanaman kering, diolah menggunakan tangan, dan dijual dalam bentuk bola atau stik.

Banyak petani di wilayah India, Pakistan, dan Nepal, disebutkan banyak yang membuat charas ini sebagai sumber pendapatan mereka.

Baca juga: Bayi 3 Tahun Tewas Kepanasan di Dalam Mobil Saat Ibu Urus Ganja

Di 3 negara Asia Setalan tersebut Charas memiliki kegunaan untuk praktik spiritual atau keagamaan. Contohnya, digunakan oleh kelompok Shaivs, sekte agama Hindu yang menyembah Dewa Siwa.

Dewa Siwa diyakini oleh sekte Shaivs suka merokok, oleh karena itu mereka memasukkan praktik merokok ganja charas ke dalam ritual agam mereka.

Sekte lainnya, seperti Naga Sadhus, Ahjorhis, dan Tantra Bhairava, juga melakukan hal yang sama, merokok ganja charas dengan bebas.

Baca juga: Latihan Tempur Kacau Gara-gara Cupcake Ganja, Tentara Kanada Jadi Terdakwa

Apakah charas itu ilegal di India?

Pada dasarnya, menggunakan charas ilegal di India karena termasuk sebagai bagian dari UU Narkotika dan Psikotropika 1985.

Undang-undang melarang dan mengkriminalisasi penjualan, kepemilikan, pengangkutan, dan penanaman ganja dalam bentuk tertentu di India.

Bagian dari tanaman ganja yang ilegal di India adalah pucuknya, tidak termasuk biji dan daunnya. Bentuk berbagai campuran ganja termasuk ilegal di India, selain charas.

“Campuran apa pun, dengan atau tanpa bahan netral apa pun, dari salah satu bentuk ganja di atas atau minuman apa pun yang dibuat darinya (ganja),” demikian bunyi hukumnya.

Khususnya, bagaimanapun, penggunaan biji dan daun yang dihasilkan dari ganja diperbolehkan, tetapi tetap sangat diatur.

Baca juga: Connecticut Resmi Legalkan Ganja Rekreasi, Jual Eceran Juga Dibolehkan

Apa efek samping charas?

Menurut Rehab India Foundation, efek konsentrat ganja atau charas bisa menjadi kuat dan berbahaya karena bahan aktifnya sangat tinggi.

Lalu, efek samping konsentrat ganja terkenal India ini, meliputi konsentrat mual, muntah, dan kram perut.

Selain itu, mengantuk berat, nafsu makan meningkat, berat badan bertambah, penyakit mental atau depresi.

Bisa juga menjadi memberikan kecemasan, serangan panik, kebingungan dan rasa kehilangan kendali, serta masalah pernapasan jangka panjang.

Kemudian efeknya bisa membuat kesadaran yang berubah (seperti halusinasi), menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan selanjutnya risiko kardiovaskular.

Baca juga: Petani Kecil Lebanon Ramai-ramai Beralih Tanam Ganja di Tengah Krisis Ekonomi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com