Kompas.com - 08/10/2021, 09:23 WIB

KOMPAS.com – Bom nuklir adalah salah satu senjata temuan manusia yang sangat mematikan dan amat destruktif.

Bom nuklir merupakan senjata yang dihasilkan oleh reaksi nuklir yang mempunyai kekuatan pemusnah yang super dahsyat.

Melansir The National Interest, sejak 1945, dunia telah menyaksikan setidaknya 2.056 uji coba nuklir. Hampir 85 persen di antaranya dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Baca juga: Jika Bom Nuklir Terbesar di Dunia Jatuh di Jakarta, Seperti Apa Dampaknya?

Tiga negara dengan kekuatan nuklir lainnya Inggris, Perancis, dan China juga telah melakukan sejumlah uji coba bom nuklir mereka sendiri.

Israel tidak pernah secara resmi mengaku telah menguji bom nuklir, meski ada bukti kuat bahwa Israel secara diam-diam menguji di Afrika Selatan pada 1979.

India juga melakukan uji coba nuklir pada1974, diikuti oleh lima ledakan nuklir pada Mei 1998. Kemudian, pada bulan dan tahun yang sama, Pakistan menanggapinya dengan melakukan enam uji coba nuklir dalam dua hari yang berbeda.

Beberapa ledakan bom nuklir menghasilkan puluhan bahkan ratusan ton setara TNT. Kekuatan ledakan bom nuklir juga biasa diukur dengan satuan kiloton dan megaton.

Menurut laporan The National Interest, berikut lima uji coba bom nuklir terbesar dalam sejarah.

Baca juga: Sempat Disembunyikan Trump, Jumlah Bom Nuklir AS Terungkap

AS

Pada 6 Agustus 1945 jam 08.16 waktu Jepang, sebuah bom atom meledak pada titik 580 meter di atas pusat kota Hiroshima. Sekitar 80 persen wilayah kota hancur. Ledakan membentuk cendawan bom atom.Alliance.dpa Pada 6 Agustus 1945 jam 08.16 waktu Jepang, sebuah bom atom meledak pada titik 580 meter di atas pusat kota Hiroshima. Sekitar 80 persen wilayah kota hancur. Ledakan membentuk cendawan bom atom.

AS melakukan uji coba senjata nuklir pertamanya, Trinity, di gurun New Mexico, pada 16 Juli 1945. Ledakan yang dihasilkan sekitar 20 kiloton.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.