Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jet Tempur Canggih yang Dimiliki China

Kompas.com - 03/10/2021, 11:56 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Setelah bergantung pada jet-jet buatan Rusia selama puluhan tahun, kini China telah mandiri dan mampu membuat armada buatan dalam negeri.

Saat memodernisasi angkatan udaranya, China dengan percaya diri memberikan pasukannya jet tempur dan pesawat buatan dalam negeri yang tak kalah canggih.

Kekuatan China di udara juga tak bisa diremehkan. Global Fire Power bahkan menempatkan China sebagai negara ketiga di dunia dengan kekuatan angkatan udara terbesar.

Baca juga: Makin Canggih, China Pamerkan Armada Militer Udara Baru, Ada Jet Pengintai dan Drone

Global Fire Power mencatat, China memiliki 3.260 unit pesawat militer yang mana 1.200 unit di antaranya adalah jet tempur atau pesawat pencegat.

Jet-jet tempur milik China terus berkembang dan semakin canggih. Bahkan, China juga bergerak maju dengan mengeklaim telah mengembangkan jet tempur siluman alias generasi kelima.

Melansir Auto Journalism, berikut 10 jet tempur canggih yang dioperasikan China saat ini.

Baca juga: Taiwan Sebut China Tukang Bully karena Kirim Jet Tempur ke Wilayahnya

10. Sukhoi Su-27

Sukhoi Su-27.Thinkstock Sukhoi Su-27.

Su-27 adalah jet tempur yang diproduksi pada tahun-tahun terakhir Uni Soviet. China membeli beberapa unit jet tempur buatan Sukhoi ini untuk angkatan udaranya.

Pesawat ini direncanakan untuk menjadi rival langsung dari sejumlah jet tempur AS seperti F-14 Tomcat, F-15 Eagle, dan F-16 Fighting Falcon.

9. Sukhoi Su-35

Cutaway dan berbagai jenis persenjataan yang bisa diangkut oleh Sukhoi Su-35.ist Cutaway dan berbagai jenis persenjataan yang bisa diangkut oleh Sukhoi Su-35.

Su-35 dianggap sebagai salah satu jet tempur non-siluman terbaik dan menyaingi banyak jet tempur generasi keempat dari Barat.

Jet tempur buatan sukhoi ini mengadopsi mesin Saturnus AL-41F1S yang mampu mendukung supercruising, atau kemampuan untuk mempertahankan penerbangan supersonik tanpa menggunakan afterburner.

Su-35 menggabungkan desain aerodinamis berkinerja tinggi dengan peningkatan sistem avionik, memiliki sistem penargetan canggih, dan mampu membawa senjata dalam jumlah banyak.

Jet tempur ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 2.400 kilometer per jam.

Baca juga: Video Jet Tempur China Usir Pesawat Mata-mata AS di Selatan Taiwan

8. Sukhoi Su-30 MKK

Sebuah pesawat Sukhoi Su-30 EPA/Sergei Chirikov Sebuah pesawat Sukhoi Su-30

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com