Ketika Real Madrid Dipermalukan Tim dari Negara yang Bahkan Tidak Terdengar Namanya

Kompas.com - 29/09/2021, 14:53 WIB
Pemain Sheriff Tiraspol Jasurbek Yakhshiboev (kiri) berselebras dengan rekannya setelah mencegak gol pembuka kemenangan mereka melawan Real Madrid di pekan kedua Grup D Liga Champuons di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada Selasa 28 September 2021. AP PHOTO/Jose BretonPemain Sheriff Tiraspol Jasurbek Yakhshiboev (kiri) berselebras dengan rekannya setelah mencegak gol pembuka kemenangan mereka melawan Real Madrid di pekan kedua Grup D Liga Champuons di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada Selasa 28 September 2021.

MADRID, KOMPAS.com - Antah berantah. Kalimat itu cocok untuk menggambarkan tim yang mengalahkan Real Madrid di pekan kedua Grup D Liga Champions.

Adalah Sheriff Tiraspol mempermalukan Los Blancos, julukan Real, 2-1 di Santiago Bernabeu Rabu dini hari WIB (29/4/2021).

Baca juga: Profil Sheriff Tiraspol, Ukir Sejarah dan Tampil Mengejutkan di Liga Champions

Hebatnya lagi, klub dengan lambang Pentagram khas lencana sheriff itu berada di puncak klasemen dengan dua kemenangan beruntun.

Secara resminya, Sheriff Tiraspol merupakan klub yang berada dalam naungan Moldova, negara miskin di antara Romania dan Ukraina.

Tetapi, Tiraspol merupakan ibu kota dari Trans-Dniester, sebuah kawasan kecil yang terletak di perbatasan Ukraina.

Pada 1992, sebuah kelompok yang disokong Rusia melakukan aksi separatis, menyebabkan 1.000 orang tewas dalam konflik tersebut.

Hasilnya adalah kelompok itu memproklamasikan berdirinya negara berdaulat, yang sampai detik ini tak diakui dunia.

Trans-Dniester, dikenal juga sebagai Transnistria, menganggap serius "kemerdekaan" mereka dari Moldova.

Mereka mempunyai mata uang yang berada di luar sistem perbankan internasional, tak bisa dipakai jika keluar dari negara itu.

Dilansir Sky News Selasa (28/9/2021), negara tersebut juga punya reputasi negatif seperti korupsi, penyelundupan, dan organisasi kejahatan.

Kini, citra jelek Trans-Dniester seolah tenggelam ketika klub mereka berhasil menundukkan Real Madrid, pemilik 13 mahkota juara Liga Champions.

Baca juga: Madrid Vs Sheriff, Kata Casemiro Setelah Los Blancos Kalah walau Melepas 30 Tembakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.