Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MK-Ultra: Proyek Rahasia CIA dalam Pengendali Pikiran Selama Perang Dingin

Kompas.com - 26/09/2021, 09:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber History

KOMPAS.com - Selama Perang Dingin, terdapat proyek rahasia untuk mengendalikan pikiran, mengumpulkan informasi, dan penyiksaan psikologis, dengan menggunakan obat-obatan.

Proyek rahasia itu bernama MK-Ultra, yang dijalankan oleh CIA (Badan Intelijen Pusat AS). Proyek MK-Ultra berlangsung dari 1953 sampai sekitar 1973.

Namun, aktivitas terlarang mereka baru dipublikasikan pada 1975, selama penyelidikan kongres terhadap kegiatan ilegal CIA yang tersebar luas di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

Bagaimana kasusnya? Berikut Kompas.com merangkum catatan hitam CIA dalam proyek MK-Ultra, seperti yang dilansir dari History:

Baca juga: 5 Organisasi Rahasia yang Paling Misterius di Dunia

Perang Dingin dan MK-Ultra

Selama puncak Perang Dingin, 1950-an hingga puncaknya pada 1960-an, pemerintah Amerika Serikat khawatir bahwa agen-agen Soviet, China, dan Korea Utara, menggunakan alat pengendalian pikiran untuk mencuci otak para tawanan perang AS di Korea.

Sebagai tanggapan, Allan Dulles direktur CIA, menyetujui MK-Ultra pada 1953.

Operasi rahasia tersebut bertujuan untuk mengembangkan teknik yang dapat digunakan melawan musuh blok Soviet dalam mengendalikan perilaku manusia dengan obat-obatan dan manipulator psikologis lainnya.

Program ini melibatkan lebih dari 150 eksperimen manusia yang melibatkan obat-obatan psikedelik, kelumpuhan, dan terapi kejut listrik.

Seseorang yang menjadi subjek tes terkadang tahu bahwa mereka berpartisipasi dalam penelitian, tetapi terkadang mereka tidak tahu. Bahkan, ketika halusinogen mulai bekerja.

Banyak tes dilakukan di universitas, rumah sakit atau penjara di Amerika Serikat dan Kanada.

Sebagian besar eksperimen pengendali pikiran terjadi antara 1953 dan 1964, tetapi tidak jelas berapa banyak orang yang terlibat dalam tes penelitian tersebut.

CIA menghancurkan sebagian besar dokumen MK-Ultra ketika program tersebut secara resmi dihentikan pada 1973.

LSD dan Sidney Gottlieb dalam proyek MK-Ultra

CIA mulai bereksperimen dengan LSD (lysergic acid diethylamide) di bawah arahan ahli kimia dan ahli racun Sidney Gottlieb.

LSD adalah jenis narkoba yang terbuat dari sari jamur yang tumbuh di tanaman gandum hitam dan biji-bijian, seringkali beredar dalam bentuk kertas.

LSD memang dimanfaatkan sejak lama sebagai obat bius dan untuk mendukung penelitian di bidang psikoanalisis.

Halaman:
Baca tentang
Sumber History
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com